Review

Review Toyota Yaris Heykers 2017: Sang Petualang Kompak

Sejak diluncurkan di tahun 2016, Toyota Yaris Heykers menyontak kalangan dari penggemar Toyota, khususnya keluarga Yaris. Karena desainnya yang menjadi lebih kekar dibandingkan pendahulunya.

Toyota Yaris Heykers diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) di tahun 2016. Sejatinya, model Heykers ini memang merupakan terobosan baru dari Toyota untuk lini Yaris generasi kedua. Bahkan Toyota sudah memperlihatkan konsep Toyota Yaris Heykers di tahun 2015 pada ajang GIIAS. Di saat yang bersamaan, TAM juga memperlihatkan Toyota Yaris konsep yang memiliki desain atap terbuka yang diberi nama Yaris Legian.

Namun setahun berselang hanya model Heykers-lah yang direalisasikan dan dijual ke public. Mobil ini mempunyai konsep menggabungkan kepraktisan ala hatchback dan daya jelajah yang luar biasa layaknya SUV. Sehingga terlahirlah semangat hatchback crossover pada batin Toyota Yaris Heykers. Ciri khas crossover terlihat pada peningkatan ground clearance agar bisa menjelajah berbagai bentuk permukaan jalan.

EKSTERIOR: HASIL KARYA ANAK BANGSA

Heykers diambil dari kata “hikers” atau “hiking” yang artinya berjalan untuk mencari tempat baru atau bertualang. Sehingga Heykers merupakan sosok kendaraan yang ideal untuk menemani berpetualang menjelajah wilayah baru.

Desain pembaharuan bagian eksterior hatchback 1.500 cc ini juga merupakan hasil karya dari anak bangsa. Toyota Yaris Heykers ini dikerjakan oleh tim desain TAM. Di bawah naungan Donny Adhi Yuwono sebagai Chief Designer TAM Design, Yaris Heykers dibuat. Akbar Juniarto bertanggung jawab terhadap keseluruhan desain Heykers. Sementara Aulia Rahman bertanggung jawab pada kaki-kaki Heykers agar tampil sebagai Urban Adventure.

Heykers, dilengkapi dengan perangkat tambahan pada eksterior dan perubahan di bagian suspensi. Pada bagian eksterior, terdapat penambahan aksesoris berupa over fender tebal berwarna hitam di bagian atas fender. Di bemper depan, terdapat penambahan protection moulding baru yang menyatu dari area lampu hingga bagian bawah bemper. Dan di bagian side skirt, terdapat penambahan panel moulding.

Tidak lupa untuk menuntaskan kesan penjelajah, di bagian atap mobil Heykers disematkan roof rail yang berfungsi untuk mengakomodir lebih banyak barang bawaan. Perbedaan paling mencolok adalah penyematan velg berukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 195/55R16. Pemakaian ukuran ini menjadikan Heykers mempunyai ground clearance lebih tinggi dari Yaris regular.

Sedangkan untuk per dan suspensi, Heykers menggunakan komponen dari TRD yang turut meningkatkan ground clearance lebih. Selain itu, komponen ini juga masih membuat handling mobil masih stabil meskipun jarak ketinggian mobil telah dinaikkan.

HEAD UNIT CANGGIH DENGAN FITUR MIRRORING SMART PHONE

Di bagian kabin, secara kasat mata tidak banyak perubahan berarti antara Toyota Yaris Heykers dengan versi biasa. Semua komponen masih sama, hanya ada perbedaan di bagian head unit saja. Untuk head unit, Heykers menggunakan produk yang sama dengan saudaranya, Toyota Sienta. Head unit ini mempunyai fitur yang lebih canggih dibandingkan Yaris biasa.

Head unit ini sudah dilengkapi dengan fitur Miracast, sehingga bisa menampilkan tampilan smartphone di layarnya. Tentu saja fitur ini memudahkan pengemudi saat berkendara. Karena tampilan ikon menjadi lebih besar dan lebih mudah dioperasikan. Selain itu head uni ini juga dilengkapi fitur Bluetooth dan konektivitas untuk USB, AUX, SD Card.

Di dalam head unit ini juga sudah terintegrasi dengan fitur Toyota Move. Ini adalah fitur pintar dari Toyota, yang bisa mengetahui tempat-tempat favorit, cara berkendara yang baik dan benar, informasi terkini, dan informasi tentang bengkel resmi atau dealer Toyota terdekat. Tentu saja fitur Toyota Move membuat penggunanya semakin mudah menemukan tempat yang diinginkan ketika dalam perjalanan.

Impresi di dalam Toyota Yaris Heykers juga tidak terasa berbeda dengan interior Yaris standard. Walau nyatanya Heykers lebih tinggi, tapi nuansa sedan masih sangat terasa. Visibilitas dan driving position sama sekali tidak berbeda. Sehingga Anda pasti merasa familiar ketika mengemudikan Yaris Heykers.

MESIN BARU, TRANSMISI BARU

Yang unik dari Toyota Yaris Heyker adalah kehadiran mesin baru menggantikan 1NZ-FE yang legendaris. Meski sama-sama berkapasitas 1.500 cc, namun mesin baru 2NR-FE mempunyai performa yang sedikit lebih kecil dibandingkan 1NZ-FE. Jika 1NZ-FE mempunyai tenaga sebesar 109 PS, maka 2NR-FE bertenaga sebesar 107 PS. Namun pemakaian mesin ini tentu bukan tanpa alasan. Karena mesin ini mempunyai efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Tidak hanya itu, mesin baru ini juga dipasangkan dengan transmisi baru. Toyota Yaris Heykers meninggalkan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan dan menggantinya dengan Continous Variable Transmission alias CVT. Perubahan ini menjadikan Toyota Yaris Heykers punya perpindahan gigi yang lebih halus dan cepat. Selain itu perubahan transmisi ini diklaim bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar menjadi 30% lebih irit dibandingkan sebelumnya.

SPESIFIKASI

Toyota Yaris Heykers 2016 CVT
Dimensi (PxLxT)                 : 4.115 x 1.700 x 1.510
Jarak poros roda                   : 2.550 mm

Mesin
Tipe                                      : 2NR-VE 4 silinder segaris                                                                      16-valve DOHC with VVT-i
Isi silinder                             : 1.496 cc
Diameter x langkah               : 72,5 x 90,6 mm
Daya maksimum                    : 107 Ps @ 6.000 rpm
Torsi maksimum                    : 14,3 Kgm @ 4.200 rpm
Transmisi                               : CVT
Suspensi depan                      : MacPherson strut
Suspensi belakang                  : Torsion Beam
Rem depan                             : Ventilated disc
Rem belakang                         : Solid Disc
Ukuran ban                             : 195/55 R16

Price                                        : Rp 191.000.000
Cicilan                                     : Rp 4,1 jt / bulan

KESIMPULAN

Hadir dengan segenap perubahan, Toyota Yaris Heykers tentu bisa menjadi teman Anda ketika sedang berpetualang ke suatu daerah baru. Tidak perlu khawatir dengan kondisi permukaan jalan yang beragam, karena ground clearance yang tinggi membuat Heykers sanggup menerjang apapun kondisinya. Selain itu pemakaian ban yang lebih besar dan nyaman juga menunjang daya jelajah yang tinggi.

Kelebihan utama bila membeli di Carro adalah unit mobil dilindungi dengan garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari. Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan fitur garansi uang kembali selama tujuh hari jika ternyata unit merupakan bekas banjir atau tabrakan. Tidak perlu khawatir dengan legalitas mobil, karena semua mobil di Carro dijamin mempunyai dokumen yang lengkap dan terverifikasi.

Tidak hanya itu, membeli mobil di Carro juga mudah karena tersedia lima puluh opsi pembayaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Bahkan Anda bisa membayar uang muka unit mobil tersebut melalui aplikasi Tokopedia.

Selain kemudahan pembayaran, harga yang ditawarkan di Carro juga mempunyai transparansi, baik untuk tunai maupun kredit. Sehingga Anda tidak perlu merasa risau membeli mobil terlalu mahal. Dan semakin nyaman karena Carro menyediakan layanan test drive dari rumah. Sehingga Anda tidak perlu repot terkena macet di jalan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button