Review

REVIEW TOYOTA INNOVA REBORN V 2017: MPV PILIHAN INDONESIA

Kehadiran Toyota Innova di Indonesia enam belas tahun silam menjadi lompatan besar dalam sejarah MPV Indonesia.

Toyota Kijang Innova hadir meneruskan suksesi Toyota Kijang yang melegenda sejak tahun 1977. Di penghujung tahun 2003, Toyota menghentikan populasi Kijang yang mempunyai berbagai lini model, dari tipe SX hingga Krista sebagai varian termewah.

Di tahun 2004, PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota mendatangkan generasi terbaru Toyota Kijang dengan nama Innova. Pada generasi Innova, Kijang mengalami perubahan total bahkan hampir seluruh komponen dan modelnya berubah dari generasi sebelumnya. Modelnya lebih luas, lebih nyaman, dan dipersenjatai dengan kapasitas mesin yang lebih besar.

Selain itu ada fitur warisan dari Innova 2.7 yang diteruskan ke generasi Innova Reborn, yaitu fitur Captain Seat pada baris tengah. Generasi kedua mempunyai fitur captain seat yang hanya ada di

Awalnya, Innova tersedia dalam dua tipe mesin, yaitu 2.000 cc dan 2.700 cc untuk mesin bensin. Sedangkan mesin diesel tersedia dalam pilihan mesin 2.500 turbodiesel D-4D. Untuk tipe mesin 2.7 hadir di tahun 2005 dan merupakan Innova dengan tenaga paling beringas di masanya. Perubahan mendasar terlihat di desain bodi yang semakin terlihat MPV, meninggalkan desain lama yang cenderung minibus.

 

Innova mengalami facelift sebanyak tiga kali yaitu di tahun 2011, 2013 dan 2015. Di tahun 2011 Innova hanya mengalami minor facelift di bagian eksterior, sedangkan untuk tahun 2013 mendapatkan facelift yang lumayan banyak. Yaitu terdapat perubahan di bagian bemper depan belakang, lampu depan belakang, grill depan serta beberapa titik di interior.

Innova baru mengalami perubahan total di generasi keduanya yang terlahir di tahun 2016. Di tahun ini, Innova menggunakan nama Innova Reborn untuk menggambarkan perubahan besar yang terjadi di generasi kedua. Pada generasi ini Innova mengalami peningkatan signifikan di semua sektor, baik dari model, mesin, suspensi, fitur-fitur multimedia, hingga kenyamanan berkendara.

FITUR INNOVA REBORN: DILENGKAPI MULTI INFORMATION DISPLAY

Pengoperasian MID bisa dilakukan dari setir sehingga memudahkan pengemudi.

Toyota Innova Reborn mempunyai banyak varian, mulai dari tipe E sebagai base model dan tipe Q yang menjadi model paling mewah. Di bawah tipe Q terdapat varian V dan G yang mempunyai sederet fitur canggih. Untuk stok yang tersedia di Carro, mempunyai varian V sehingga dilengkapi berbagai fitur mewah dan fungsional.

Sebut saja seperti fitur seperti immobilizer yang bisa memaksimalkan keamanan Innova. Di bagian spidometer terdapat layar Multi Information Display yang bisa diakses dan dioperasikan melalui tombol setir.

Di bagian tengah dashboard terdapat head unit dengan fitur Bluetooth dan voice command yang membantu pengemudi ketika menyetir. Tangan pengemudi tidak perlu lagi beranjak dari setir untuk mengoperasikan head unit.

Tidak hanya itu, di head unit juga terintegrasi dengan system My Toyota yang bisa memantau jadwal pengisian bensin terakhir Anda. Sehingga kita bisa menghitung pemakaian konsumsi bahan bakar dalam rentang waktu yang kita inginkan.

EKSTERIOR: DILENGKAPI WELCOME LIGHTING

Di bagian luar, Innova Reborn V sudah dilengkapi dengan welcome light yang terpasang di bagian bawah spion. Lampu ini akan menyala ketika pemilik datang mendekat sambil membawa kunci mobil. Sehingga menambah kesan eksklusif pada Toyota Innova. Fitur mewah pada eksterior ini hanya terdapat di tipe V dan Q saja. Sayangnya untuk lampu depan, Innova tipe V tidak menggunakan proyektor seperti yang terdapat di tipe Q, jadi hanya menggunakan lampu model reflector saja.

Di bagian velg, Innova dilengkapi dengan velg ukuran 16 inci yang dibalut ban 215/60R16 dan cukup nyaman untuk digunakan harian. Pada varian Q, pemakaian velg justru berbeda sendiri, karena menggunakan velg ukuran 17 inci.

INTERIOR: ADA MEJA LIPAT ONE TOUCH TUMBLE

Fitur meja lipat hanya terdapat di varian Q dan V saja.

Namun tidak perlu berkecil hati karena di dalam kabin, banyak fitur mewah yang disematkan oleh Toyota. Sebut saja seperti iluminasi lampu kabin yang menyerupai milik Alphard dan Vellfire. Ditambah pengoperasian tombol A/C secara digital, meja makan lipat di bagian belakang jok depan, dan berbagai tempat penyimpanan, Innova V tetap bisa menjadi kendaraan sehari-hari untuk Anda dan keluarga.

Khusus meja lipat, fitur ini hanya terdapat di dua tipe yaitu tipe Q dan V saja. Fitur ini cukup mudah dioperasikan karena tinggal menarik meja ke bagian atas saja. Selain untuk menaruh botol minum atau makanan, meja ini juga bisa menaruh gawai atau komputer jinjing Anda. Sehingga fitur ini benar-benar fungsional.

Dengan jok yang bisa dilipat membuat volume kabin Toyota Innova lebih lapang.

Tidak hanya itu, seperti yang sudah ada di generasi sebelumnya, tentu saja Innova Reborn tipe V bisa dilipat untuk bangku kedua dan ketiganya. Proses pelipatan bangku ini pun cukup mudah karena bersifat one touch tumble, alias cukup dengan satu sentuhan saja. Tinggal tarik tali yang berada di bagian belakang jok, dan otomatis jok pun akan terangkat. Untuk pembagiannya, baris kedua bisa dilipat dengan konfigurasi 50:50 dan untuk baris ketiga adalah 50:50.

MODE BERKENDARA: ECO DAN SPORT

Eco Mode membuat konsumsi bensin Innova lebih baik.

Sisi lain yang unik dari Toyota Innova Reborn tipe V adalah kehadiran fitur mode berkendara yang bisa dipilih. Mode berkendara ini terbagi tiga, yaitu Normal, ECO mode dan SPORT mode. Fitur ini bisa diaktifkan melalui tombol yang terdapat di bawah konsol head unit. Setiap salah satu tombol ini ditekan, secara otomatis memunculkan sensasi berkendara yang berbeda.

Ketika kita mengaktifkan fitur Sport Mode, maka tarikan mesin akan lebih responsif dan akselerasi terasa meningkat. Namun secara mekanis, yang terjadi adalah perubahan sensitivitas di skep throttle body, dan didukung perubahan timing valve. Sehingga terasa perubahan ketika kita menginjak pedal gas karena throttle body lebih sigap membuka.

Perubahan mode berkendara sedikit banyak bersumber dari sensitivitas throttle body.

Sedangkan ketika ECO mode diaktifkan, maka sensitivitas throttle body menjadi lebih diperhalus. Perpindahan gigi pun dilakukan di putaran rendah agar tingkat efisiensi bahan bakar tetap terjaga. Sistem drive by wire yang dimiliki Toyota Innova memungkinkan teknologi ini teraplikasikan dengan baik. Sayangnya, mode berkendara ini lebih optimal di transmisi otomatis saja. Sedangkan untuk transmisi manual, perubahan hanya terjadi di sensitivitas throttle body.

SPESIFIKASI

Dimensi

PxLxT (mm)                                    : 4.735 x 1.830 x 1.795 mm
Jarak sumbu roda                             : 2.750 mm

Mesin
Tipe                                                  : 1TR-FE 4 silinder segaris, 16                                                                   katup DOHC dengan VVT-i
Daya Maksimum                               : 137 HP
Torsi Maksimum                               : 140 Nm
Transmisi                                          : 6 Speed A/T Sport Sequantial                                                                 Switchmatic
Suspensi
Depan:                                              : Double wishbone dengan coil                                                                 spring and stabilizer
Belakang :                                         : 4-link dengan coil spring and                                                                   lateral road
Ban dan Velg                                     : Alloy wheels 16×7 dengan ban                                                               205/65 R16

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, Toyota Innova Reborn V merupakan pilihan yang pas bagi seluruh keluarga Indonesia. Kabin yang lapang, fitur yang lengkap dan canggih, serta kenyamanan yang jauh meningkat dibandingkan generasi pertamanya membuat Innova lebih unggul dibandingkan competitor lainnya. Bahkan bisa dibilang, Innova Reborn lebih advance dalam hal kenyamanannya. Karena sensasi berkendaranya hampir menyamai sedan bersasis monokok. Padahal seperti yang kita tahu, Innova masih menggunakan sasis tangga.

Kelebihan lain yang bisa Anda peroleh jika membeli Toyota Innova V tahun 2017 di Carro adalah, Anda akan diberikan perlindungan maksimal. Sebut saja seperti garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari, gratis asuransi selama satu tahun, garansi trade-in satu tahun dan garansi uang kembali dalam tujuh hari. Apabila unit yang Anda beli ternyata merupakan mobil bekas banjir atau kecelakaan. Karena semua mobil yang dijual di Carro merupakan unit yang bebas dari banjir atau bekas kecelakaan.

Tidak hanya itu, Carro akan selalu mempermudah para pelanggannya. Selain garansi, Carro juga menyediakan pembayaran yang mudah. Seperti tersedianya 50 opsi pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembayaran uang muka melalui Tokopedia.

Tidak perlu takut membeli mobil kemahalan, karena di Carro semua harga baik cicilan maupun cash, dijamin transparansinya. Selain itu, di Carro semua mobil bekas dijamin memiliki dokumen yang lengkap dan terverifikasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan legalitasnya. Dan yang terakhir, Anda bisa melakukan test drive dari rumah jika Anda sedang sibuk atau tidak ada kendaraan untuk berkunjung ke Carro Automall. Carro akan selalu memudahkan Anda dalam membeli mobil bekas.

 

Similar Posts