Review

REVIEW MAZDA BIANTE SKYACTIV 2.0 2017: HOTEL BINTANG LIMA BERJALAN

Kemunculan Mazda Biante sejak tahun 2012 semakin melengkapi pilihan MPV di Indonesia. Peluncuran Biante terbilang istimewa karena merupakan salah satu mobil Mazda yang diluncurkan di luar Jepang.

Mazda Biante diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show tahun 2012 yang dihadiri langsung oleh presiden Mazda, yaitu Keizo Okue. Hal ini disebabkan karena Okue melihat pangsa pasar MPV di Indonesia sangat besar, sehingga Okue yakin bahwa Biante akan mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Dan prediksi Okue terbukti benar, karena Biante mendapat sambutan yang hangat dari keluarga Indonesia. Terbukti dengan angka penjualan yang sangat baik untuk Biante, karena melebihi target penjualan per bulan.

Di tahun 2014, Biante mendapat penyegaran yaitu dengan diluncurkannya Mazda Biante Skyactiv. Versi Skyactiv mendapatkan ubahan yang mencolok di bagian mesin. Namun di bagian eksterior dan interior tidak terdapat banyak perubahan. Mazda Biante kembali mendapat penyegaran di tahun 2015 dengan diluncurkannya varian Mazda Biante Limited.

Mazda Biante Limited mendapatkan sentuhan baru di bagian eksterior dengan disematkannnya perangkat body kit DAMD. DAMD merupakan rumah modifikasi asal Jepang yang kerap mengeluarkan body kit untuk berbagai mobil. Di Mazda Biante, terdapat penyematan body kit DAMD mulai dari spoiler depan, side skirts, dan rear under skirts. Penyematan ini menjadikan Mazda Biante Limited terlihat lebih rendah.

 

PERFORMA: MESIN SKYACTIV SANGAT MEMBANTU

Untuk urusan dapur pacu, Mazda Biante hadir dalam versi mesin konvensional dan mesin Skyactiv. Untuk versi Skyactiv merupakan respond dari Mazda terhadap konsumen Indonesia. Karena nyatanya konsumen Indonesia menyenangi kehadiran Biante, sehingga Mazda kembali memberikan kejutan.

Dengan mengusung mesin Skyactiv-G, Mazda Biante mampu menyemburkan tenaganya menjadi 151 PS pada putaran 6.000 RPM. Konfigurasi mesin Mazda Biante menggunakan 4 silinder segaris yang berkapasitas 2.000 cc, dan dilengkapi dengan 16 katup. Agar semakin optimal performanya, mesin juga dilengkapi dengan Dual Over Head Camshaft.

Tenaga yang dihasilkan disalurkan kepada dua roda penggerak depan yang digerakkan oleh transmisi 6 tingkat percepatan otomatis. Berkat kombinasi mesin dan transmisi ini, Mazda Biante Skyactiv mampu berakselerasi lebih baik dibandingkan versi terdahulunya. Menariknya, transmisi ini tergolong pintar karena dilengkapi dengan Active Adaptive Shit dan Direct Mode. Sehingga transmisi ini bisa memahami gaya mengemudi dari pemiliknya.

Fitur lain yang membantu Mazda Biante memiliki konsumsi bensin yang irit adalah hadirnya i-stop. Fitur ini memungkinkan Mazda Biante untuk mematikan mesin ketika berhenti dalam waktu tertentu. Menghidupkan mesin kembali cukup hanya dengan menginjak pedal gas saja. Tentu saja fitur ini sangat membantu ketika mobil terjebak di kemacetan karena bisa mengurangi konsumsi bahan bakar, dan tentu saja menjadi ramah lingkungan.

 

EKSTERIOR: HANYA TERDAPAT MINOR CHANGE

Menilik bagian eksterior, Biante mengusung konsep desain yang bertajuk KODO-Soul of Motion. Desainnya yang boxy namun tetap sleek dengan permainan garis bodi yang tajam dan tegas. Sehingga menyiratkan mobil ini seolah bergerak dalam diam. Desain lampu depan yang runcing serta lampu belakang yang tajam, membuat Biante tampil memikat dibandingkan kompetitornya.

Untuk versi non SKYACTIV, Biante mempunyai gril yang besar di bagian bemper depan. Sedangkan pada bagian grill atas, tepatnya di antara kedua lampu, Biante memiliki grill yang kecil. Berbeda dengan versi SKYACTIV, desainnya justru menjadi kebalikannya. Dimana gril antara kedua lampu menjadi lebih besar kisi-kisinya. Sedangkan di bagian bawah, justru menjadi lebih kecil.

Perubahan juga terletak di bagian rumah fog lamp. Jika versi non SKYACTIV memiliki rumah foglamp yang besar dan memanjang, di versi facelift dan SKYACTIV, desain ruma foglamp menjadi lebih kecil dan padat. Meski begitu, pemakaian gril dengan kisi-kisi yang lebih besar tentu saja ada tujuannya. Apalagi kalau bukan agar bisa memasukkan udara ke ruang mesin sebanyak-banyaknya. Fungsinya agar ruang mesin lebih cepat dingin.

Mazda Biante juga dilengkapi dengan dua pintu sliding door yang bisa dioperasikan secara elektris. Untuk mengoperasikan pintu ini, pastikan tuas transmisi sudah berada di posisi P dan pintu dalam kondisi tidak terkunci. Karena selain berada dalam kondisi ini, pintu electric sliding door tidak bisa dioperasikan.

INTERIOR: SANGAT LAPANG DAN MEWAH

Bagian paling menyenangkan dari Mazda Biante adalah kabinnya yang lapang dan mewah. Baik dari posisi pengemudi dan penumpang, semuanya merasakan kesenangan yang setara. Untuk pengemudi, disuguhkan dengan daya pandang yang sangat luas. Hal ini karena sudut pilar A dirancang landai dan seoptimal mungkin menghilangkan sudut blindspot dari pengemudi. Bahkan blindspot bisa dikatakan sangat minim.

Ditambahkan dengan posisi dashboard dan setir yang berada di bawah dada pengemudi, otomatis daya pandang atau visualitas dari mengemudi menjadi sangat luas. Kita bisa dengan mudah memantau kondisi jalanan dan sekitar. Posisi mengemudi juga sangat nyaman karena setir sangat mudah dijangkau dan tidak membuat tangan cepat pegal. Apalagi ditambah dengan arm rest sehingga menyetir Mazda Biante menjadi sangat menyenangkan.

Fitur lain yang tidak kalah menyenangkan adalah posisi pengaturan jok yang bisa dilakukan dalam beberapa konfigurasi. Anda bisa mengatur posisi jok baris kedua menjadi captain seat sehingga posisi duduk lebih nyaman. Bisa juga Anda menyatukan jok baris kedua sehingga bisa diduduki tiga orang sekaligus. Selain itu jok baris kedua ini bsa direbahkan hingga lurus.

Alhasil jika Anda melepas headrest dari jok baris kedua, kemudian merebahkan hingga jok baris kedua setara dengan bagian bawah jok ketiga, maka Anda bisa mendapatkan posisi living room. Alias Anda bisa meluruskan kaki layaknya berada di kursi sofa kesayangan Anda. Ditambah dengan ukuran kaca jendela yang besar, menjadikan Anda seolah berada di dalam hotel bintang lima yang berjalan.

Untuk bagian jok baris ketiga, juga cukup nyaman. Karena posisi kaki dan ruang kepala yang tersedia sangat lega. Sehingga Anda tidak akan merasa pegal saat duduk di baris paling belakang. Selain itu jok baris ketiga juga bisa direbahkan cukup miring sehingga Anda bisa berada dalam posisi rebahan yang cukup nyaman.

SPESIFIKASI

MAZDA BIANTE 2.0L SKYACTIV 2017

Dimensi

Panjang (mm)                     : 4.715
Lebar (mm)                         : 1.770
Tinggi (mm)                        : 1.835
Sumbu Roda (mm)              : 2.850
Kapasitas Penumpang        : 8 Penumpang

Mesin

Kapasitas                            : 1.997 cc
Konfigurasi                          : 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, SKYACTIV-G
Tenaga / Torsi                     : 151 PS / 190 Nm
Bahan bakar                       : Bensin
Transmisi / Penggerak        : Otomatis 4 percepatan

Fitur & Harga                                

Keselamatan                       : SRS Airbag,4W- ABS, DSC, EBD, TCS
Berkendara                         : Cruise Control, Sequential Transmission, i-Stop
Hiburan                              : Touch screen head unit, kompatibel Bluetooth, USB, HDMI, 10 inch Rear Roof Monitor
Tambahan                           : Engine Immobilizer, Anti Theft Device, Start/Stop Engine Button

Harga                          : Rp 234.000.000

KEUNTUNGAN MEMBELI MOBIL DI CARRO AUTOMALL

Jika Anda membeli unit mobil bekas yang berada di Carro Automall, maka Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan menarik. Seperti garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari, gratis asuransi selama satu tahun dan garansi trade-in selama satu tahun.

Anda juga tidak perlu khawatir membeli mobil bekas di Carro karena semua unitnya merupakan mobil yang bebas dari bekas banjir, tabrakan atau curian. Carro juga memberikan garansi uang kembali jika ditemukan bukti bahwa unit mobil bekas di Carro ternyata bekas banjir, tabrakan atau curian. Garansi ini efektif sejak tanggal pembelian unit dan berlaku selama tujuh hari.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Carro adalah tersedianya 50 opsi pembayaran termasuk pembayaran melalui Tokopedia. Dan yang lebih seru lagi, baik untuk harga cicilan maupun cash, semuanya transparan. Sehingga Anda tidak perlu takut merasa kemahalan.

Carro juga memudahkan Anda dalam dokumen mobil, karena dijamin semua unit mobil bekas di Carro memiliki dokumen yang terverifikasi dan legal. Dan yang paling memudahkan adalah Anda bisa melakukan test drive dari rumah dengan unit mobil bekas incaran Anda. Menggiurkan bukan? Makanya beli mobil di Carro saja!

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Similar Posts