Review

REVIEW HONDA CR-V 1.5 TURBO: SINERGI TEKNOLOGI HONDA

Generasi kelima Honda CR-V hadir dengan memboyong sejumlah fitur canggih dan terbaru. Bahkan, mesinnya pun disematkan turbocharger.

Honda CR-V hadir pertama kali di Indonesia sejak tahun 2000. Mobil yang merupakan SUV pertama dari Honda ini langsung mendapat sambutan dari konsumen. Maklum saja, karena di masa itu Honda belum memiliki lini SUV. Generasi pertama Honda CR-V dibekali dengan satu pilihan model saja, yaitu mesin 2.000 cc dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Sejak saat itu Honda CR-V semakin dalam penetrasinya di pasar SUV dan menjadi salah satu produk favorit di Indonesia.

Sekarang Honda CR-V sudah memasuki generasi kelima dan bisa dikatakan, ini merupakan produk yang paling ultimate. Mengapa? Karena Honda benar-benar mengembangkan semua teknologi yang dimilikinya untuk bisa ditanamkan di CR-V ini. Banyak sekali perubahan yang terjadi pada CR-V generasi kelima ini, mulai dari desain, fitur, kualitas, keamanan hingga mesin.

All New Honda CR-V sendiri diluncurkan sejak tahun 2017 dan hadir dalam tiga pilihan model. Yaitu CRV 2.0L, 1.5L Turbo dan 1.5L Turbo Prestige yang merupakan varian tertinggi. Untuk varian Prestige, sudah dilengkapi dengan sunroof berukuran besar. Namun untuk unit yang berada di Carro merupakan tipe 1.5L Turbo dengan kondisi yang ciamik. Tipe ini juga memiliki performa yang luar biasa. Perubahan mencolok tentu saja terletak pada dapur pacu yang disandang.

 

MESIN: EARTH DREAM TECHNOLOGY

Berbekal mesin empat silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc yang didoping turbocharger, Honda nyatanya mampu membuktikan bahwa mereka jagoan dalam mengulik dapur pacu. Karena terbukti mesin berkode L15B tersebut mampu menghasilkan performa yang kurang lebih setara dengan kapasitas mesin 2.4L. Mesin ini juga disematkan pada saudara lain CR-V yaitu Honda Civic. Kelebihan lain dari pemakaian turbocharger ini adalah rentang torsi yang bisa dinikmati merata, mulai dari putaran bawah hingga tengah.

Terbukti ketika mencicipi All New Honda CR-V ini, jambakan torsi mulai terasa di RPM 2.000 ke atas. Gejala turbo lag bisa dikatakan terasa minim sehingga akselerasi terasa stabil. Dan memang, Honda merancang mesin ini sebagai mesin yang bertenaga namun tetap ramah untuk semua orang. Dalam artian, tidak perlu tips dan trik tersendiri saat mengendarai mesin turbo ini.

Karena Honda merancang mesin ini sehalus mungkin dalam mengeluarkan tenaganya. Apalagi, penyaluran tenaganya diakomodasi oleh transmisi CVT Sequential. Sehingga menjadikan sensasi berkendaranya terasa halus dan nyaman. Sisi positifnya, tenaga besar yang disimpan tidak menjadi liar saat pedal gas di-kickdown. Justru CR-V ini memang harus dikendarai secara sopan, injak pedal gas secara berurut untuk menikmati performanya.

Dengan begitu, konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan juga menjadi lebih irit dan berujung ke ramah lingkungan. Hal ini sesuai dengan konsep teknologi mesin yang diusung Honda, Earth Dream Technology. Dimana efisiensi mesin agar ramah lingkungan menjadi prinsip utamanya. Secara teknis, mesin L15B sanggup menghasilkan tenaga sebesar 187 hp dan torsi 240 Nm di rentang 2.000 hingga 5.000 RPM.

 

INTERIOR: KEMEWAHAN SEJATI KHAS HONDA CR-V

Hal krusial lainnya saat mengemudikan All New Honda CR-V ini adalah interiornya. Di dalam kabin SUV seharga Rp 364 juta (kondisi seken), kita tidak akan menemukan material murahan yang jamak ditemui di mobil baru. Interior Honda CR-V semuanya menggunakan material yang mewah. Terlihat dari dashboard yang menggunakan material soft touch layaknya mobil mewah. Dikombinasi dengan balutan panel wood dengan matte finished di bagian door trim, semakin memunculkan kesan mewahnya.

Terlebih saat kita menduduki bagian joknya, karena dilapis dengan kulit berkualitas tinggi. Tentu saja kemewahan ini membuat kita merasa worth it saat memutuskan untuk membeli CR-V ini. Apalagi ditambah dengan head unit berukuran 9 inci yang bisa mengaktifkan fitur ionizer Nanoe. Apa itu Nanoe?

Nanoe adalah fitur yang bisa membersihkan udara di dalam kabin. Caranya dengan mengaktifkan semacam perangkat elektris, yang bisa membersihkan molekul-molekul kotor sehingga udara di dalam kabin tetap terjaga. Tentu saja fitur ini sangat berguna apalagi di tengah pandemic seperti sekarang. Kebersihan udara sangat wajib dijaga.

Fitur paddle shift juga dipasangkan di belakang kemudi setir CR-V. Perangkat ini disediakan agar pengemudi bisa bersenang-senang dengan performa mesinnya. Terutama untuk penggemar kecepatan dan handling, pasti akan senang hati memanfaatkan paddle shift ini. Karena bisa menahan putaran mesin lebih tinggi dibandingkan pengaturan default dari computer.

Selain itu teknologi transmisi CVT Honda memang sudah dikembangkan agar sensasinya seperti transmisi otomatis konvensional. Bedanya hanya, transmisi CVT ini lebih paham bagaimana cara mengoptimalkan performa karena titik range power­­-nya sudah diatur sedemikian rupa oleh perangkat komputer.

 

EKSTERIOR: SOLID WING FACE

Honda mempunyai bahasa desain baru untuk front fascia Honda CR-V ini, yaitu Solid Wing Face. Ya, lampu depan All New Honda CR-V didesain seolah-olah seperti sayap yang sedang mengepak. Pun begitu dengan desain lampu belakang dengan konfigurasi L. Sudut yang tajam pada ujung lampu mengibaratkan bahwa ini adalah sayap yang siap terbang.

Sama seperti saudara lainnya yang seangkatan, lekuk tubuh All New Honda CR-V ini juga dibalur dengan otot-otot yang kuat. Bisa dilihat dari karakter kap mesin dan fender depan yang penuh garis tajam dan bodi mengembung. Tarikan garis tajam tadi juga menyambung hingga belakang, membentuk karakter gagah pada eksterior.

Untuk tipe 1.5L Turbo, bagian headlamp dilengkapi dengan lampu projector dan bohlam halogen. Sedangkan di belakang mengadopsi LED Combination yang membuatnya terlihat canggih. Khusus tipe 1.5L Turbo Prestige, lampu depan sudah menggunakan full LED sehingga penerangan semakin optimal.

SPESIFIKASI

Dimensi

Panjang (mm)                     : 4.584
Lebar (mm)                         : 1.855
Tinggi (mm)                        : 1.679
Sumbu Roda (mm)              : 2.660
Kapasitas Penumpang        : 5-7 Penumpang

Mesin

Kapasitas                            : 1.498 cc
Konfigurasi                          : 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, VTEC TURBO, Drive By Wire
Bahan bakar                       : Bensin
Transmisi / Penggerak        : Otomatis CVT

Fitur & Harga                                

Keselamatan                       : SRS Airbag, ABS, DSC, EBD, BA, Vehicle Stability Assist, jok ISOFIX
Berkendara                         : Cruise Control, ECON Driving Mode, Parking Sensor, Around View Monitor
Hiburan                              : Touch screen head unit, kompatibel Bluetooth, USB, HDMI,
Tambahan                           : Engine Immobilizer, Engine Start Button, Alarm With Shock Sensor

Harga                                  : Rp 388.000.000

KEUNTUNGAN MEMBELI DI CARRO AUTOMALL

Jika Anda membeli unit mobil bekas yang berada di Carro Automall, maka Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan menarik. Seperti garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari, gratis asuransi selama satu tahun dan garansi trade-in selama satu tahun.

Anda juga tidak perlu khawatir membeli mobil bekas di Carro karena semua unitnya merupakan mobil yang bebas dari bekas banjir, tabrakan atau curian. Carro juga memberikan garansi uang kembali jika ditemukan bukti bahwa unit mobil bekas di Carro ternyata bekas banjir, tabrakan atau curian. Garansi ini efektif sejak tanggal pembelian unit dan berlaku selama tujuh hari.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Carro adalah tersedianya 50 opsi pembayaran termasuk pembayaran melalui Tokopedia. Dan yang lebih seru lagi, baik untuk harga cicilan maupun cash, semuanya transparan. Sehingga Anda tidak perlu takut merasa kemahalan.

Carro juga memudahkan Anda dalam dokumen mobil, karena dijamin semua unit mobil bekas di Carro memiliki dokumen yang terverifikasi dan legal. Dan yang paling memudahkan adalah Anda bisa melakukan test drive dari rumah dengan unit mobil bekas incaran Anda. Menggiurkan bukan? Makanya beli mobil di Carro saja!

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Related Articles

Back to top button