Review

REVIEW MAZDA2 GT 2014: SKYACTIV WARRIOR

Sejak kehadirannya enam tahun silam, Mazda2 GT membuat kelas hatchback semakin sengit karena dibekali dengan segudang fitur canggih.

Kehadiran Mazda2 diyakini membuat ketar-ketir kompetitor di kelas hatchback. Keunggulan fitur-fitur canggih yang diusungnya menjadikan hatchback ini salah satu yang terdepan di kelasnya berkat fitur SKYACTIV.

Jujur saja, menurut Carro.id, fitur SKYACTIV sangat worthed dengan harga yang diusung Mazda2. Mazda2 saat diluncurkan di tahun 2014, hadir dalam dua versi yaitu GT dan tipe R. Untuk tipe R, kala itu berkisar Rp 240 jutaan untuk kondisi On The Road. Versi termahal terdapat pada tipe GT (Rp 277 juta), dan paling ekonomis adalah tipe V.


Lantas apa saja keunggulan yang diusung Mazda2 GT dari kompetitor lain? Selain dari harga, kecanggihan SKYACTIV tidak ada lawan di kelas hatchback. SKYACTIV Technology merupakan kombinasi dari SKYACTIV-BODY, SKYACTIV-CHASSIS dan SKYACTIV-DRIVE. SKYACTIVE menjadikan mobil ini punya akselerasi yang baik tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar, dan kestabilan handling yang mumpuni ketika bermanuver.

Ditambah lagi dengan kompresi mesin tinggi, torsi besar di putaran rendah, dan bobot kendaraan yang ringan, membuat Mazda2 punya performa optimal.

PERTAHANKAN PUTARAN MESIN DI 1.500 RPM.

Carro.id menjajal konsumsi bensin Mazda2 GT dalam kota, dengan kondisi lalu lintas relatif lengang karena bertepatan dengan suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Untuk menyetir agar irit bahan bakar, ada triknya. Untuk akselerasi awal, harus mencari momentum dulu, biarkan agar mesin mencapai putaran 2.000 RPM pada tarikan awal.

Kemudian selanjutnya pertahankan putaran mesin tidak lebih dari 1.500-1.750 RPM. Pertahankan momentum laju mobil juga. Dengan trik putaran mesin konstan ini, konsumsi bensin menjadi jauh lebih hemat.

Tapi ini bukan metode yang permanen tetap, karena jumlah konsumsi bahan bakar akan berubah bila kita mengemudi agresif (misal menginjak pedal gas dalam-dalam). Apalagi dalam kondisi stop and go yang membutuhkan tenaga besar untuk menggerakkan mobi dari posisi diam.

INTERIOR TERMEWAH DI KELASNYA

Salah satu kekurangan dari mobil-mobil compact hatchback yang beredar di Indonesia adalah, material interiornya yang terbuat dari bahan plastik. Seharusnya ketika mengeluarkan uang sekitar ratusan juta atau lebih, pelanggan mendapatkan interior yang mewah, atau setidaknya tidak murahan.

Impresi itu didapat dari material interior pada Mazda2. Ada beberapa panel yang terlapis material menyerupai kulit. Lengkap dengan detail jahitan yang presisi dan eksklusif. Material jok juga terbuat dari bahan fabric dengan strip merah pada bagian tengah, sehingga menyiratkan kesan sporti.

Untuk posisi mengemudi, terbilang tidak melelahkan, namun karakternya agak sport, karena posisi pengemudi cenderung terkepung oleh konsol tengah, desain jok yang mendekap badan, dan dashboard berukuran relatif besar. Sedikit keluhan pada bagian jok penumpang belakang, posisi duduk agak tegak sehingga cenderung melelahkan jika dipakai untuk perjalanan jauh. Pada dashboard tengah, terdapat layar monitor yang menampilkan berbagai fitur dari MZD Connect.

MESIN GESIT DI PUTARAN BAWAH

Mazda2 dilengkapi dengan mesin kapasitas 1.500 cc DOHC 16 valve, dual S-VT (Sequential Valve Timing). Kompresi mesinnya terbilang tinggi, yaitu 13,0:1. Diklaim kompresi tinggi ini merupakan salah satu kunci agar Mazda2 punya torsi besar dan konsumsi bahan bakar yang irit. Tapi bagaimana dengan akselerasinya? Ya, bisa dikatakan akselerasinya cukup gesit untuk melesat dalam kota.

Akan tetapi nafas di putaran atas relatif pendek, alias top speed kurang mumpuni. Jika menilik kodratnya sebagai kendaraan komuter, rasanya top speed tidak banyak digunakan. Akselerasi gesit dan irit bahan bakar rasanya lebih dari cukup untuk target konsumen Mazda2 yang berjiwa muda, dinamis dan mobile.

DIBANJIRI FITUR MULTIMEDIA

Sejatinya, Mazda2 GT sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti Head-Up Display, paddle shift, GPS, dan perangkat pengereman pintar. Tipe GT merupakan tipe tertinggi dari Mazda2.

Ketika mesin dinyalakan, layar dari Head-Up Display akan otomatis muncul dari bagian atas spidometer. Dan akan menampilkan angka kecepatan kendaraan secara digital. Fitur canggih ini tidak terdapat di deretan kompetitornya.

Mazda2 tipe GT juga sudah dilengkapi dengan GPS bagi Anda yang membutuhkan navigasi. Untuk data peta GPS yang terdapat di MZD Connect, Anda bisa melakukan pembaharuan data dengan menggunakan Mazda Tool Box. Mazda Tool Box ini memuat beragam updates dan tambahan untuk perangkat fitur MZD Connect.

MZD CONNECT: ASISTEN PINTAR MAZDA

MZD Connect juga dibekali fitur yang memungkinkan untuk memberi informasi seputar kondisi kendaraan. Sistem ini akan menampilkan peringatan ketika mobil Mazda Anda sudah masuk jadwal servis rutin. Pengelolaan terkait penghematan bahan bakar pun bisa kamu akses dari MZD Connect.

Kualitas audio yang disajikan dari head unit Mazda2 GT juga mampu menghibur pengemudi kala terjebak macet atau dalam perjalanan panjang. Alunan suara yang lembut ditambah gebukan bass yang bulat dan keras, mampu membuat Anda lebih bersemangat dalam menyetir. Konektivitas dengan smartphone pun relative mudah, karena ada berbagai cara.

Paling praktis yaitu sinkronisasi menggunakan Bluetooth. Karena Anda cukup pairing device antara smartphone dengan head unit Mazda2. Pastikan Anda mengatur konektivitas sebelum berkendara. Tujuannya agar konsentrasi menyetir Anda tidak terganggu.

Konektivitas kedua bisa menggunakan kabel USB yang tersedia dalam dua slot di bagian bawah head unit. Slot kabel USB ini juga bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai dari smartphone Anda.

Pengoperasian head unit pun cukup canggih, karena dilakukan dengan joystick yang terdapat di sebelah rem tangan. Dan terakhir, tentu saja Anda bisa mengoperasikan penggantian lagu, stasiun radio, membesarkan atau mengecilkan volume, melalui setir.

SPESIFIKASI:
MODEL                     : Mazda2 GT A/T
MESIN                       : 4 silinder segaris SKYACTIVE dual S-VT                                              (Sequential Valve Timing) dan ETC                                                        (Electronic Throttle Control)
Kapasitas                     : 1.499 cc
Jumlah katup               : 16
Tenaga (HP/RPM)      : 113/6.000
Torsi (Nm/RPM)        : 141/4.000

DIMENSI (MM):
Panjang                        : 4.060
Lebar                           : 1.695
Tinggi                          : 1.495
Wheelbase                   : 2.570

TRANSMISI:
Tipe                             : Otomatis SKYACTIVE 6-percepatan FWD

REM:                           : Ventilated disc (depan), Solid disc (belakang)

SUSPENSI:                  : SKYACTIV-CHASSIS Independent                                                       MacPherson Strut (depan)
SKYACTIV-CHASSIS Torsion Beam                                                     (belakang)
Velg dan Ban                : 185/60R16

KESIMPULAN

Dengan harga jual bekas Rp 183 juta, Mazda2 GT jelas merupakan pilihan yang menggoda jika dibandingkan kompetitornya. Mesin berteknologi canggih SKYACTIV mampu menghasilkan tenaga yang besar bagi Mazda2, namun tidak mengorbankan konsumsi bensin. Sehingga mobil ini cocok bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi.

Kapasitas bagasi pun juga relatif besar,Anda bisa memuat barang bawaan seperti tas fitness, sepatu, atau bahkan peralatan olahraga di bagasi. Jika kurang luas, jok belakang bisa dilipat agar menambah volume bagasi.

Apalagi unit yang tersedia di Carro.id mempunyai warna Soul Red, yaitu warna yang special dari pilihan warna lain di Mazda2. Pada saat baru diluncurkan, khusus unit dengan warna Soul Red harganya lebih tinggi karena menggunakan cat dengan efek khusus.

Yuk, cek unit Mazda GT 2014 di Carro.id

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts

Tinggalkan Balasan