Review

REVIEW ASTRA DAIHATSU AYLA 1.2 R DLX: THE STYLISH ONE

Sejak kemunculannya di tahun 2017, Ayla 1.2 R DLX memang banyak mencuri perhatian publik. Penyegaran yang dirancang oleh putra-putri bangsa membuat LCGC ini menjadi jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Astra Daihatsu Ayla mendapatkan relatif banyak penyegaran bila dibandingkan generasi sebelumnya. Penyegaran wajah pada Ayla dan saudara kembarnya Agya, membuat tampilannya lebih gagah dan berkelas. Selain itu juga terdapat penambahan tipe baru dengan mesin yang lebih bertenaga.

Pada eksterior, desain lampu baru di bagian depan dan belakang, perubahan di grill yang menggunakan aksen Piano Black, desain fender baru, sanggup memberikan tampilan berbeda. Tidak hanya itu, di bagian grille bawah terdapat sepasang fog lamp dan Daytime Running Light yang bisa memberikan pencahayaan tambahan saat berkendara di area minim cahaya.

Penyematan fitur tersebut membuat tampilan Ayla 1.2 R DLX menjadi semakin mewah. Tipe tertinggi dari lini Ayla, yaitu 1.2R DLX transmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp 146 juta pada saat baru diluncurkan.

Untuk tipe tertinggi, sudah disematkan perangkat aero kit di bagian bemper depan, side skirt, bemper belakang, serta spoiler atap. Berbeda dengan saudara kembarnya, Astra Toyota Agya TRD Sportivo, Ayla 1.2R DLX memiliki tampilan desain yang lebih mengotak berkat wujud aero kit-nya. Perbedaan dengan saudara kembarnya juga terdapat di buritan mobil. Persisnya di bagian dudukan pelat nomor belakang, Ayla 1.2 R DLX dilapis dengan warna black matte. Sedangkan untuk Agya TRD Sportivo menggunakan panel yang sewarna dengan bodi.

AUDIO : FITUR TERLENGKAP DIBANDING KOMPETITOR

Selain itu di bagian audio, head unit sudah tersedia fitur Bluetooth sehingga memudahkan konektivitas dengan smartphone. Jadi ketika untuk menjawab telepon dan memutar lagu, kita cukup mengoperasikan melalui head unit.

Pengoperasian head unit pun dilakukan dengan layar sentuh. Fitur touch screen pada Ayla 1.2 R DLX tidak terdapat di saudara kembarnya, Agya TRD Sportivo. Semakin lengkap fitur multimedia dari Ayla karena pada bagian dalam laci dashboard, terdapat kabel sebagai tempat untuk menghubungkan USB dengan head unit.

Tipe 1.2 R DLX juga sudah dilengkapi fitur pengendalian head unit melalui setir. Sehingga makin memudahkan pengendara untuk mengatur perangkat multimedia tanpa kehilangan fokus dari jalan raya. Pengaturan volume audio dan kanal frekuensi radio bisa dilakukan dari setir. Ketika memutar lagu pun bisa dioperasikan juga melalui tombol di sebelah kiri setir.

EKSTERIOR & INTERIOR : DALAM KONDISI TERBAIK

Untuk unit yang berada di Carro.id, kondisi keseluruhan Ayla 1.2 R Deluxe masih sangat prima. Jok masih menggunakan material pelapis orisinal bawaan pabrik tanpa cacat sedikitpun. Hanya dibalut dengan pelapis semi kulit agar lebih mudah dalam menjaga kebersihan interior. Bahkan, kotak P3K bawaan pabrik masih berada pada tempatnya

Eksterior pun memiliki kondisi serupa, permukaan bodi dalam kondisi prima dan cat masih menggunakan bawaan orisinal pabrik. Untuk melengkapi kenyamanan selama berkendara, Ayla ini dilengkapi Bridgestone Ecopia ukuran 175/65R14 yang menambah kekedapan di dalam kabin.

Tempat penyimpanan juga memadai, dengan terdapatnya dua cup holder di bagian depan tuas transmisi, di door trim pengemudi, serta laci kecil di sebelah kanan setir. Kapasitas laci dashboard di sisi penumpang juga mempunyai volume yang cukup, muat untuk sekadar memuat dokumen atau benda-benda kecil lainnya.

MESIN : TORSI BESAR DI PUTARAN RENDAH

Untuk generasi Ayla yang mengalami facelift, hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc. Untuk mesin 1.200 cc, menggunakan mesin yang sama dengan saudaranya yaitu Daihatsu Sigra. Jika menilik perbandingan bobot mobil dengan kapasitas mesin, maka bisa dipastikan Ayla varian mesin 1.200 cc menjadi jauh lebih bertenaga.

Dengan jumlah jarak tempuh masih berkisar 12.000 km, performa mesin masih mumpuni dan gesit untuk dipakai di tengah padatnya lalu lintas perkotaan. Hal ini dikarenakan penyematan dapur pacu dengan kode 3NR-VE yang berkapasitas 1.197 cc, dan sudah dilengkapi dengan Dual VVT-i serta kem ganda alias DOHC.

Kombinasi dua fitur ini membuat mesin Ayla 1.2 R DLX mempunyai torsi yang besar. Sehingga hanya perlu sentakan ringan pada pedal gas untuk membuat mobil ini melaju seketika. Apalagi ditambah dengan teknologi air intake yang lebih panjang, membuat torsi semakin padat di putaran bawah. Dengan torsi besar di putaran rendah, membuat konsumsi bensin Ayla 1.2R semakin irit dan gesit.

TEST DRIVE: PRAKTIS MENEMANI AKTIVITAS

Berbicara performa keseluruhan Astra Daihatsu Ayla 1.2 R, kendaraan ini jelas praktis dan cocok sebagai teman aktivitas sehari-hari. Dimensinya yang praktis dengan panjang 3.660 mm dan 1.600 mm, membuat Ayla gesit dalam menaklukkan kemacetan dalam kota. Keuntungan lain dari dimensi kompak ini membuat Ayla praktis dalam mencari tempat parkir.

Ayla juga memiliki putaran setir yang ringan, karakter pedal gas yang sensitif juga memudahkan pengendara untuk berakselerasi dan bermanuver. Sudut pandang dari kaca pengemudi juga mempunyai cakupan yang luas, tidak terhalang oleh dimensi pilar A yang tebal. Sehingga bisa meminimalisir sudut blindspot.

Bantingan suspensi yang dihasilkan dari kombinasi MacPherson Strut di bagian depan dan Semi Independet Trailing Arm pada bagian belakang, cukup baik dalam meredam kondisi jalanan yang bergelombang. Kondisi sokbreker yang masih prima dan kaki-kaki yang sehat, membuat unit ini siap diajak ‘bertempur’ kemanapun.

Kelebihan lainnya adalah sektor suspensi. Terdapat pemasangan stabilizer yang berfungsi menambah kestabilan mobil saat sedang bermanuver. Perangkat stabilizer hanya terdapat pada varian 1.2 R DLX saja, baik transmisi manual maupun otomatis.

Ketika bermacet-macetan di tengah lalu lintas perkotaan, alunan lagu dari head unit double din cukup menghibur. Suara yang dihasilkan pun cukup baik untuk mobil yang tergolong ekonomis ini. Suara bass masih bisa terdengar dan treble tidak terlalu menusuk telinga. Perjalanan Anda pun dijamin semakin nyaman dan tidak melelahkan.

SPESIFIKASI

ASTRA DAIHATSU AYLA 1.2 R DLX A/T

Panjang                     : 3.660 mm
Lebar                        : 1.600 mm
Tinggi                       : 1.520 mm
Jarak Poros Roda      : 2.450 mm
Jarak Pijak Depan     : 1.420 mm
Jarak Pijak Belakang  : 1.415 mm
Jarak Pijak Terendah  : 180 mm
Radius Putar              : 4,5 m
Tipe Mesin                : 3NR-VE
Konfigurasi                : 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC
Dual VVT-i
Kapasitas Silinder      : 1.197 cc
Daya                          : 86 hp @ 6.000 RPM
Torsi                          : 108 Nm @ 4.200 RPM
Transmisi                   : Otomatis 4 percepatan
Suspensi                     : MacPherson strut (Depan), Semi Independent                                      Trailing arm
Rem                           : Ventilated Disc Brake (depan), Drum cylinder                                        (belakang)
Sistem Kemudi           : Rack and Pinion
Velg dan Ban              : 175/65R14

KESIMPULAN

Jika ingin memiliki mobil pertama, atau ingin mencari mobil praktis namun bisa memuat banyak barang, Ayla 1.2 R DLX bisa menjadi pilihan Anda. Dimensi bodi yang mungil, namun volume kabin dan bagasi yang luas, bisa mengakomodasi kebutuhan aktivitas Anda sehari-hari.

Usah khawatir dengan konsumsi bensin, karena Ayla 1.2 R mempunyai catatan fuel consumption 1:14,8 liter/km untuk kondisi dalam kota. Untuk performa yang maksimal, sebaiknya Ayla diisi dengan bensin beroktan 92. Selain lebih baik dalam akselerasi, bensin yang sesuai anjuran pabrik juga berguna dalam menjaga kebersihan ruang bakar.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts