Berita

Ingin Tahu Harga Mobil Bekas di Semarang? Yuk Kita Cekidot!

Harga mobil bekas di Semarang mempunyai sedikit perbedaan dengan harga mobil di Jakarta. Seberapa jauhkah perbedaannya?

Harga mobil bekas selalu berbeda-beda, meskipun unit yang dijual memiliki tipe dan tahun produksi yang sama. Contoh mudahnya adalah harga mobil bekas antara Jakarta dan Semarang. Meski unitnya sama-sama bagus, belum tentu harga jualnya juga sama. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi harga jualnya. Terlepas dari kondisi unitnya, masih ada faktor non teknis lain yang bisa mempengaruhi harga jual mobil bekas di luar Jakarta.

Salah satu hal yang paling mempengaruhi adalah ketersediaan barang. Biasanya di luar wilayah Jabodetabek, ketersediaan mobil bekas tidak sebanyak lima wilayah pusat tersebut. Yang mengakibatkan harga mobil bekas untuk unit tertentu jadi terkatrol naik, akibat permintaan yang cukup besar dari pasar. Selain itu kondisi mobil dari daerah Jabodetabek biasanya lebih baik dari yang di luar wilayah tersebut. Hal ini karena di wilayah Jabodetabek mempunyai sarana dan fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan luar wilayah. Tidak heran mobilnya begitu diminati ketika dijual ke luar wilayah, misal seperti Semarang, Surabaya, Balikpapan, hingga Papua.

–> Temukan mobil bekas bersertifikasi hanya di Official Store CARRO Automall Tokopedia

Toyota Avanza Bisa Dijual Lebih Mahal

harga mobil bekas avanza semarang

Permintaan pasar tinggi tapi tidak diimbangi ketersediaan barang bisa mendatangkan keuntungan

Sebagai perbandingan, kita ambil contoh harga Toyota Avanza tipe S tahun 2015. Di Jakarta, unit Avanza tipe S tahun 2015 dijual dengan harga kisaran Rp 120-130 jutaan tergantung dari kondisi mobil. Di Jakarta, unit tersebut mempunyai ketersediaan barang yang banyak sehingga harganya sangat bersaing ketat. Selain itu permintaan pun sudah tidak sebesar di luar Jakarta, sehingga harganya cenderung mengalami penurunan. Dan bagi pedagang, margin yang bisa diambil pun lebih sedikit dibandingkan jualan mobil lain.

-> 10 MPV Terbaik & Terfavorit di Indonesia Tahun 2021

Namun berbeda cerita ketika mobil tersebut dijual di luar Jakarta. Di Semarang, harga pasaran untuk Avanza tipe S tahun 2015 masih berkisar Rp 125-135 jutaan tergantung kondisi kendaraan. Bahkan di luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, perbedaan harga bisa mencapai Rp 20 juta lebih. Hal ini karena ketersediaan barang di wilayah tersebut tidak sebanyak Jakarta. Sedangkan permintaan akan kendaraan tersebut masih sangat tinggi. Sehingga hal ini bisa mendatangkan keuntungan bagi yang jeli melihat peluang ini.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button