Mengenal Blind Spot: Sudut Berbahaya Yang Tak Terlihat
Blind spot bukan hal yang baru dalam mengemudi. Sudut tak kasat mata ini kerap mencelakakan pengemudi akibat kurang kewaspadaan.
Dalam berkendara, blind spot sering kali menjadi faktor penyebab kecelakaan di jalan. Meskipun sudah awas dengan kondisi sekitar, namun masih saja ada sudut yang terlewatkan. Sudut mati ini kerap membuat kita kaget dan reflek membanting setir sehingga rawan membahayakan pengguna jalan lain.
Umumnya, skema sudut titik buta pengemudi adalah seperti ini.
Lalu apa sih sebenarnya Blind Spot itu? Blind spot atau titik buta adalah sudut dimana mata kita tidak mampu memantau dengan baik kondisi sekitar mobil saat di jalan raya. Contoh mudahnya, kondisi ini terjadi ketika kita hendak membelok, dan pandangan kita terhalang oleh pilar A. Kondisi seperti ini sudah bisa dibilang titik buta. Sudut pandang kita terhalang oleh sesuatu sehingga tidak mampu menganalisa dengan baik.
–> Ingin jual mobil yang mudah dan menguntungkan? di CARRO saja!
Sama seperti ketika kita di jalan, kita tidak bisa melihat kendaraan yang datang dari arah belakang. apalagi bila kendaraan tersebut berada di posisi yang sejajar dan dekat dengan pintu belakang mobil kita. Ini memang salah satu titik buta yang kerap terjadi juga. Sehingga kita cenderung kaget ketika menyadari ada mobil di belakang dalam jarak yang sangat dekat.
MAKSIMALKAN SPION UNTUK CEGAH TITIK BUTA
Beberapa mobil terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat yang bisa mereduksi sudut titik buta
Lantas bagaimana cara mereduksi sudut titik buta ini? Cara yang bisa Anda lakukan adalah maksimalkan pengaturan ketiga spion Anda. Yaitu spion kiri kanan serta spion tengah. Usahakan semuanya cukup membantu daya pandang Anda.
–> Tips Memilih Lembaga Pembiayaan Terpercaya untuk Mobil Anda
Misalkan, sudut spion kiri disetel sedikit ke dalam agar dapat memantau apa objek yang dekat dengan bagian kiri mobil Anda. Hal ini disebabkan sisi kiri adalah sudut titik buta terbesar dari pengemudi. Kemudian untuk sisi kanan, setel spion agak keluar untuk memantau objek yang datang mendekat dari arah belakang bagian kanan.
Dan spion tengah disetel sedemikian rupa hingga daya pandang kaca belakang bisa terpantau seluruhnya. Dengan begini, Anda bisa lebih memperkirakan ketika ada mobil yang hendak menyalip Anda. Jika belum membantu, Anda bisa menambahkan kaca cembung di bagian spion luar agar semakin memperluas daya pandang mata.
Beberapa produsen mobil juga sudah menyematkan fitur tambahan untuk mereduksi sudut titik buta ini. Antara lain dengan menambahkan kaca cembung yang menyatu dengan kaca spion mobil. Dan beberapa mengaplikasikan fitur Blind Spot Warning dengan mengandalkan sensor yang tertanam di sekeliling area mobil.
–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro