Tips & Trik

YUK MENGENAL PERAN OLI MESIN LEBIH MENDALAM

Oli mesin adalah bagian vital dari komponen mesin. Karena tanpa oli, bisa dipastikan mesin mobil akan hancur lebur karena saling bergesekan.

Oli ibarat darah dalam mesin, fungsinya melumasi komponen yang bergerak di dalam ruang bakar. Seperti kruk as, setang piston, dan piston. Dengan pelumasan yang optimal, maka mesin akan bekerja normal dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Nah dalam memilih oli mesin kita kerap dihadapkan dengan berbagai istilah. Salah satu yang sering kita dengar adalah istilah SAE. Apa sih arti dari SAE itu? SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers, yang merupakan badan internasional yang menjelaskan tingkat kekentalan oli. Badan internasional ini juga menunjukkan kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin serta lingkungan.

Semakin kecil angka indeks SAE, oli juga akan semakin cair. Sebaliknya, jika angka indeks SAE besar, oli akan semakin kental. Angka indeks SAE yang kecil biasanya digunakan pada daerah dengan suhu dingin atau bersalju, seperti di negara-negara Eropa.

Contohnya kita sering melihat pada kemasan oli tertulis SAE 10W – 40. Angka paling depan adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin yang diikuti oleh huruf W (winter). Sedangkan angka belakang menunjukkan tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja. Semakin besar angkanya maka semakin kental oli pada kondisi dipakai.

JANGAN SEMBARANGAN PILIH OLI MOBIL

 

Pada umumnya, di negara bersuhu dingin, tingkat kekentalan oli yang digunakan adalah SAE 5W – 35. Sedangkan di Indonesia, oli yang sering terlihat di pasaran memiliki tingkat kekentalan dengan SAE 10W – 30 atau SAE 15W – 50. Oli merupakan salah satu hal vital yang harus diperhatikan. Jika oli tidak cocok, mesin mobil Anda dapat mengalami gangguan, bahkan bisa turun mesin.

Yang perlu diperhatikan juga adalah, ketika mengganti oli dengan spek yang berbeda, maka sebaiknya dibarengi dengan penggantian filter oli. Hal ini bertujuan agar kotoran oli dari oli sebelumnya tidak ikut terbawa ke oli baru.

Bila Anda bingung dalam memilih oli, Anda bisa konsultasikan dengan mekanik di bengkel resmi atau melihat petunjuk yang tertera di buku manual. Spesifikasi yang direkomendasikan dari pabrik adalah yang terbaik untuk kebutuhan mesin Anda.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts