Tips & Trik

TIPS MENGGANTI OLI: KENALI SPESIFIKASI YANG TEPAT

Mengganti oli adalah kewajiban dasar jika kita memiliki kendaraan bermotor. Tapi kita harus perhatikan spesifikasinya agar tidak salah pilih.

Ketika memiliki kendaraan bermotor, tentu saja kita mempunyai kewajiban untuk merawatnya. Salah satu perawatan dasar dari kendaraan bermotor adalah penggantian oli yang rutin. Penggantian oli pun juga banyak jenisnya. Yang paling umum adalah penggantian oli mesin, kemudian oli transmisi dan berlanjut hingga ke oli gardan atau oli power steering.

Khusus oli mesin, saat ingin menggantinya kita harus paham dahulu dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan mesin. Karena setiap mesin mempunyai kebutuhan yang berbeda. Yuk kita simak apa saja yang perlu diketahui saat mengganti oli mesin

Kenali Spesifikasi Oli

Yang pertama mesti kita pahami adalah spesifikasi oli. Kita mesti paham apakah mesin mobil membutuhkan oli encer atau oli kental. Kekentalan oli bisa dilihat dari angka yang tertera di kemasan pelumas. Semakin kecil angkanya, maka oli tersebut semakin encer. Misalkan oli dengan spesifikasi SAE 5W-30, angka ini memiliki arti tersendiri. W adalah inisial untuk Winter, jadi ketika kondisi dingin, tingkat kekentalan oli berada di level 5. Sedangkan saat panas, angka kekentalannya mencapai level 30.

Ganti Filter Oli

Hal lain yang mesti diperhatikan ketika kita mengganti oli adalah saringan oli. Perangkat ini wajib diganti, karena umumnya sudah tersumbat oleh kotoran-kotoran yang berada di dalam oli. Apalagi bila kita mengganti oli dengan spek yang berbeda, maka wajib sekali untuk mengganti filternya. Dengan pemakaian filter oli yang baik, maka performa mesin akan lebih terjaga. Karena pelumasnya -benar-benar bekerja optimal tanpa terganggu partikel-partikel kecil dari ruang mesin.

Cek Paking Karter Oli

Saat kita mengganti oli juga sebaiknya perhatikan kondisi bak penampung alias karter oli. Mengapa? Karena hal ini berguna untuk mengetahui apakah ada rembes atau kebocoran di bak penampung oli. Apabila terdapat kebocoran atau oli yang merembes, sebaiknya segera ganti paking dari karter oli. Hal ini untuk mencegah volume oli berkurang sehingga bisa mengganggu kinerja mesin. Selain itu juga berguna agar di garasi rumah tidak ternodai oleh tetesan oli dari karter.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button