Tips & Trik

Kompon Ban: Rahasia Dapur Dari Ban Performa Tinggi

Selama ini kita kerap mendengar istilah compound alias kompon ban. Tapi kamu sudah tahu belum arti kompon ban itu sendiri?

Secara fungsinya, kompon ban berguna untuk menentukan karakter dan performa dari ban tersebut. Bisa dibilang, kompon ban adalah rahasia dapur dari suatu ban.

Yang dimaksud dengan compound ialah campuran karet alam, polymer, carbon, oil, silica, dan bahan kimia lain yang proses pencampurannya dilakukan di dalam mixer dengan setting temperatur dan waktu tertentu, guna mendapatkan compound characteristics yg dikehendaki.

Ban dengan kompon empuk lebih nyaman, namun lebih cepat habis masa pemakaiannya.

Kompon ban untuk jalan raya pasti lebih empuk dibandingkan kompon ban untuk off-road. Umumnya, kompon ban yang digunakan kebanyakan ban mobil penumpang sekarang adalah kompon empuk alias soft compound, karena bisa digunakan untuk kondisi permukaan jalan basah maupun kering.

Kelebihan kompon lunak memang terletak pada daya cengkeram yang optimal, namun agak lemah di tingkat keausan ban. Sedangkan kompon keras kebalikan dari kompon lunak, daya cengkeramnya kurang baik tapi mempunyai tingkat keausan yang rendah.

Jenis-Jenis Kompon Ban

Rekayasa teknologi memungkinkan kompon ban mempunyai hambatan rendah saat melaju, sehingga membuat konsumsi BBM makin irit.

Sedangkan untuk jenis kompon ban, ada banyak sekali jenisnya, contoh yang ada di pasar seperti Bias Compound, Radial Compound, Snow Compound, dan Silica Compound.

Nah yang disebut terakhir, merupakan salah satu inovasi mutakhir dalam pengembangan kompon ban. Penyebabnya, silica compound sekarang banyak digunakan karena bisa mereduksi rolling resistance, sehingga bisa menghemat bahan bakar mobil.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button