Tips & Trik

INSPEKSI ALA CARRO: MEMERIKSA SASIS DAN SUSPENSI

Memeriksa sektor sasis dan suspensi tentu butuh beberapa trik. Berikut trik inspeksi ala Carro untuk mengetahui cara memeriksa bagian sasis dan suspensi dari mobil bekas.

Memeriksa mobil bekas tentu banyak yang mesti diperhatikan. Karena seiring dengan usia pemakaian, mobil pasti akan mengalami keausan atau lelah di beberapa sektor. Termasuk sektor sasis dan suspensi. Sektor ini merupakan sektor vital bagi mobil karena menentukan kualitas kenyamanan dan pengendalian dari mobil. Untuk suspensi, cara paling mudah adalah memeriksa kondisi sokbreker dahulu.

Kondisi sokbreker yang sehat biasanya terlihat ketika mobil diayunkan. Jika sokbreker sudah mulai lemah, biasanya mobil akan lebih banyak ayunannya ketika diayunkan. Hal ini karena kondisi sokbreker sudah lemah dan tidak bisa meredam daya kejut dari per. Sebaliknya jika sokbreker masih baik, maka hanya mengayun sedikit ketika mobil diayunkan.

Selain itu saat sesi test drive, suspensi yang sudah rusak akan mengeluarkan bunyi berisik ketika mobil melintasi jalan rusak atau berbelok. Hal ini bisa disebabkan dari komponen ball joint atau tie rod yang sudah habis masa pakainya. Selain itu juga bisa disebabkan oleh link stabilizer yang sudah apkir.

TIPS PERIKSA SASIS: CEK TITIK LAS

Dalam memeriksa sasis untuk mengetahui bekas tabrakan atau tidak, ada cara mudah untuk mengetahuinya. Yaitu dengan cara melihat titik las di ruang mesin. Karena sasis yang sudah mengalami tabrakan, pasti akan berubah konstruksi dan bentuk titik lasnya. Titik las orisinal dari pabrik mempunyai jarak presisi dan bentuk yang rapi karena dilakukan oleh robot.

Sedangkan jika sudah mengalami perbaikan di bagian sasis, biasanya titik lasnya sudah berubah bentuk. Tidak serapi las titik dari pabrik juga pastinya. Hal ini yang tidak bisa diakali ketika memperbaiki mobil bekas tabrakan. Karena jika panel mobil yang rusak, maka bisa diganti dengan panel baru.

Namun lain cerita dengan sasis, sangat susah untuk mengganti dengan sasis baru. Karena sasis selain memiliki konstruksi yang kompleks, juga mempunyai nomor identifikasi yang terkait dengan registrasi dokumen mobil. Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk diganti baru. Sehingga cara tadi menjadi cara jitu untuk memeriksa apakah sasis bekas tabrakan atau tidak.

Di Carro, semua mobil bekas sudah melalui inspeksi sebanyak 150 titik dan dijamin bebas dari bekas banjir, kecelakaan, atau musibah lainnya. Selain itu Anda juga dilindungi dengan garansi uang kembali selama tujuh hari jika ternyata ditemukan bukti bahwa mobil dari Carro bekas banjir atau tabrakan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button