Tips & Trik

INSPEKSI ALA CARRO: INTERIOR

Dalam memeriksa mobil bekas, kita harus paham bagian apa saja yang perlu diteliti. Biar semakin paham, simak trik inspeksi ala Carro untuk interior.

Umumnya, memeriksa mobil bekas bisa paling mudah dilihat dari kondisi eksterior dan mesin. Indikasi memeriksa eksterior umumnya dilihat apakah cat mobil masih mengkilap atau tidak, ada penyok atau bekas tabrakan, atau adakah parts eksterior yang kurang lengkap. Dan semuanya mudah terlihat oleh mata.

Sedangkan mesin, bisa dilihat dari apakah ada rembes oli atau tidak, pincang atau tidak, knalpot mengeluarkan asap putih atau masih normal, dan beberapa bunyi tidak wajar lainnya. Yang perlu trik ketelitian adalah saat memeriksa bagian interior. Karena umumnya interior tidak begitu diperhatikan. Padahal justru sektor ini yang menjadi bagian paling sering dilihat saat berkendara.

Carro mempunyai metode tersendiri untuk memeriksa bagian interior. Saat memeriksa interior, umumnya mobil mempunyai aroma khas tersendiri. Apabila tercium bau apak atau bau bekas basah, maka ada kemungkinan interior dari mobil tersebut ada yang bocor. Sehingga air bisa merembes masuk ke kabin. Atau paling parahnya, mobil tersebut pernah kebanjiran.

Jika sudah ada bau apak, sebaiknya periksa sudut-sudut dek interior, utamanya di bawah karpet dasar mobil. Karena umumnya, air terjebak di bagian sudut dek sehingga mengendap. Jika sudah mengendap maka bisa timbul karat. Karat tersebut bisa mengakibatkan dek mobil menjadi keropos. Sehigga untuk mencegah salah membeli mobil, langkah ini menjadi trik wajib saat memeriksa interior.

PASTIKAN ORNAMEN INTERIOR UTUH

Yang kedua, pastikan kondisi ornament interior mobil utuh dan tetap berfungsi normal. Karena umumnya mobil bekas punya ornament plastik yang patah, atau hilang. Jika ada bagian yang patah atau hilang, tentu saja mengganggu fungsinya dan estetika. Dan komponen interior terkadang mempunyai harga yang mahal dibandingkan komponen mesin. Karena komponen ini tergolong slow moving parts, sehingga stok barangnya tidak banyak tersedia.

Selain itu pastikan juga kondisi A/C tidak bau apak. Karena jika tercium bau apak dari hembusan A/C, maka mesti diperiksa dahulu bagian dalamnya. Bisa jadi ada sesuatu yang basah dari balik dashboard. Entah ada kebocoran atau bekas banjir yang masih tersisa. Namun di Carro, semua mobil yang tersedia sudah diinspeksi sebanyak 150 titik pemeriksaan. Serta dijamin bebas banjir dan bukan mobil bekas kecelakaan atau mobil curian.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts

Tinggalkan Balasan