Tips & Trik

FITUR CRUISE CONTROL: BERKENDARA TANPA INJAK PEDAL GAS

Cruise control adalah salah satu teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin secara stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas.

Fitur ini memungkinkan mobil Anda untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas. Cruise control kerap juga disebut sebagai speed control atau juga autocruise. Meskipun namanya berbeda, namun fungsinya tetap sama saja

Dari segi fungsinya, fitur ini merupakan sistem elektrik yang berguna menjaga kecepatan kendaraan secara konstan. Tentunya, ini bertujuan membantu pengemudi menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara jarak jauh.

Mengaktifkan fitur cruise control harus di atas kecepatan 40 km/jam

Untuk mengaktifkan fitur ini, umumnya Anda harus memacu kecepatan sesuai yang diinginkan, 60 km/jam misalnya. Kemudian, tekan tombol yang terdapat di sekitar setir untuk mengaktifkannya. Mobil dengan sendirinya akan mempertahankan kecepatan untuk tetap stabil pada kecepatan tersebut tanpa perlu menginjak pedal gas lagi.

Bila tingkat laju di bawah kecepatan tersebut, maka fitur ini tidak dapat aktif. Inilah yang menjadi alasan mengapa fitur tersebut hanya bisa efektif digunakan di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Fitur ini tidak dapat digunakan ketika berada di kondisi jalan yang ramai karena sangat berisiko tertabrak.

Untuk menonaktifkan fitur ini, bisa tekan reset atau cukup injak pedal rem saja.

Meski pengendalian pedal gas sudah terotomatisasi dengan baik, bukan berarti Anda tidak menghiraukannya begitu saja. Anda tetap harus berkonsentrasi dengan keadaan di depan. Pasalnya, ada kemungkinan pengemudi lain yang mendahului atau muncul dari arah yang berbeda.

Untuk berhenti menggunakannya cukup dengan menginjak pedal rem atau pedal gas maka aktivasi sistem akan dibatalkan dan modus berkendara menjadi normal kembali.

ADAPTIVE CRUISE CONTROL: LEBIH CANGGIH

Fitur lain yang lebih canggih dari cruise control adalah Adaptive Cruise Control (ACC) yang disebut pula sebagai Autonomous Cruise Control System. Sistem ini menggunakan teknologi canggih untuk mengoperasikan pengereman dan mengontrol percepatan secara otomatis.

Sistem ACC terutama menggunakan laser atau radar yang mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts