Tips & Trik

Awas! Salah Tekanan Angin Ban Bisa Berakibat Fatal

Karena tekanan angin yang berbeda bisa memberikan efek signifikan terhadap kendaraan. Efek apa saja yang biasa ditimbulkan?

Sebenarnya, apa sih fungsi dari tekanan angin itu? Seperti yang diketahui, angin berfungsi sebagai zat untuk mengisi ban. Dan biasanya satuan untuk tekanan angin dinyatakan dalam Psi atau bar. Tapi bukan berarti tinggal isi, tetapi kamu juga harus memperhatikan ukuran tekanan. Karena tekanan yang kurang atau berlebih, bisa mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Konsumsi BBM

Tekanan angin pada ban bisa berpengaruh terhadap konsumsi BBM kendaraan kamu, lho! Dengan kondisi ban yang terisi angin penuh, maka akan semakin sedikit tapak ban yang menyentuh permukaan jalan. Akibatnya adalah mesin menjadi lebih ringan untuk memutar roda sehingga tidak perlu membejek gas lebih dalam.

Tetapi bila ban kondisinya kurang angin, maka tapak ban akan lebih banyak yang menempel dengan permukaan jalan. Hal ini mengakibatkan putaran mesin menjadi lebih berat yang berujung pada borosnya bensin.

Kenyamanan

Bila tekanan angin ban sesuai anjuran, maka ban akan bekerja optimal sehingga menambah kenyamanan berkendara.

Ban yang terisi angin dengan tekanan lebih besar dari yang disarankan akan berakibat pada ban menjadi keras. Efek sampingnya adalah ketika kendaraan kamu melindas jalanan yang tidak rata atau garis marka jalan, maka akan terasa sekali bantingannya.

Berbeda bila ban diisi angin dengan tekanan yang secukupnya. Dimana kenyamanan masih akan tetap terjaga. Logikanya ketika sebuah bola dipompa makin lama maka bola tersebut akan makin keras.

 

HandlingBan yang terisi angin lebih, bagian tengah ban akan lebih cepat habis karena yang menapak hanya di bagian tengah.

Handling ternyata juga terkena dampak dari tekanan angin ini. Dengan tekanan angin lebih dari batas normal, maka ban akan menjadi lebih keras dan tapak ban jadi sedikit yang menapak. Imbasnya, handling jadi sedikit berkurang.

Tetapi bila kurang angin, handling juga jadi berkurang karena dinding ban ikut menapak sehingga mobil tidak mendapatkan keseimbangan. Selain itu setir juga menjadi berat.

Berbeda dengan kondisi ban yang diisi angin secukupnya, handling akan tetap terjaga karena lebar tapak ban yang menempel pada permukaan jalan. Jadi, sudah paham kan pengaruh angin ban terhadap kenyamanan dan keamanan berkendara?

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button