Review

Review Suzuki Ertiga GX AT 2018: Pilihan Jitu Kelas LMPV

Suzuki Ertiga bisa jadi pilihan utama Anda saat mencari MPV yang mampu mendukung aktivitas harian Anda bersama keluarga.

Pasar Low MPV memang sangat menggairahkan. Berawal dari kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, membuat kelas MPV kompak ini langsung menjadi primadona. Kesuksesan dinamic duo tersebut menginspirasi pabrikan lain untuk turun di kelas yang sama. Salah satunya adalah Suzuki, yang memperkenalkan Suzuki Ertiga. Awalnya pabrikan berlambang huruf ‘S’ ini memperkenalkan Ertiga Concept pada ajang IIMS 2010. Dua tahun berselang, Suzuki Ertiga pun resmi mengaspal di Indonesia.

Desain yang mengedepankan aspek fungsionalitas khas MPV

Nama Ertiga sendiri berasal dari gabungan kata ER (huruf R) yang singkatan dari ‘Row’ atau baris. Sementara arti ‘Tiga’ yang bisa diartikan sebagai MPV dengan tiga buah baris jok dengan kapasitas 7 tempat duduk. Dengan dimensi yang kompak, Ertiga menawarkan akomodasi, kepraktisan dan fungsionalitas yang mumpuni khas MPV. Suzuki Ertiga hadir dengan tiga tipe, yakni GA, GL dan yang paling mewah, GX.

Kali ini CARRO.id akan hadirkan review Suzuki Ertiga GX AT 2018, yang merupakan salah satu MPV favorit Indonesia. Suzuki Ertiga 2018 yang yang hadir di hadapan Anda kini merupakan peralihan dari model generasi pertama menuju ke generasi kedua. Meski masih menggunakan ‘wajah’ lama, namun LMPV Suzuki ini tetap hadir dengan kualitas terbaiknya. Ingin tahu lebih detail? Yuk kita simak review Suzuki Ertiga GX AT 2018 berikut ini.

Eksterior: Lebih elegan dengan garis minimalis

Dari tampilan, Suzuki Ertiga GX 2018 tampil dengan desain dan garis yang minimalis. Namun justru itulah yang membuatnya tampil lebih elegan. Suzuki mengedepankan detail dari bahan krom yang membuatnya terlihat mewah. Desain lampu depan memiliki desain membulat namun menyipit di bagian sisinya. Sementara desain bumper yang berpadu dengan fog lamp cover mengedepankan aura sporty.

Wajah Suzuki Ertiga yang lebih mewah dan modern

Sementara untuk tampilan samping, Suzuki Ertiga mengedepankan aspek fungsionalitas sebagai sebuah people carrier. Meski terlihat kompak, namun LMPV hasil pengembangan Suzuki India ini mampu menawarkan kelegaan kabin yang maksimal. Kehadiran pilar A dan pilar B terlihat tegas yang menghadirkan sosoknya yang tegas.

Pada tampilan belakang, terlihat cukup manis. Dengan penggunaan garnish pada lampu belakang. Desain lampu pun mengikuti kontur desain bodi, yakni membulat dengan penambahan sudut tajam. Suzuki juga menambahkan rear roof spoiler tipis. Tujuannya selain sebagai estetika, namun juga membantu memperbaiki nilai aerodinamika. Sebagai peningkatan aspek keamanan, Suzuki juga menambahkan third brake lamp pada roof spoiler.

Interior: Kenyamanan yang optimal

Salah satu keunggulan dari Suzuki Ertiga adalah kemampuannya dalam menghadirkan kenyamanan yang maksimal. Hal tersebut didapat dapat dari penggunaan material interior yang cukup berkualitas, mulai dari jok hingga door trim. Selain itu, posisi duduk juga turut menyumbang kenyamanan plus visibilitas yang luas.  Kombinasi warna two tone juga membuat interior Suzuki Ertiga terlihat lebih mewah.

Posisi duduk di Suzuki Ertiga salah satu yang ternyaman di kelasnya

Setir three spoke juga sangat nyaman untuk digenggam. Pada tipe GX, sudah tersedia steering audio switch untuk memudahkan Anda dalam mengatur musik dan audio selama berkendara. Ddesain lay-out panel instrumen cukup nyaman untuk dioperasikan dan memiliki aksesibilitas yang baik.

Jika Anda membutuhkan sebuah MPV kompak dengan harga terjangkau namun berkualitas cukup baik, mungkin Suzuki Ertiga ini bisa menjadi jawaban. Aspek kenyamanan dan fungsionalitasnya tak perlu dipertanyakan lagi. Nama besar Suzuki bisa menjadi jaminan untuk jaringan aftersales yang luas.

Fitur Keamanan: Terlengkap di kelasnya

Karena datang dari tipe teratas, Suzuki Ertiga GX memiliki fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Mulai dari dua buar kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan, hingga penggunaan AC double blower. Pada tipe GX juga sudah mengaplikasi rem dengan teknologi  Anti-Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution sebagai fitur keamanan. Namun sayangnya untuk head unit belum dilengkapi dengan versi layar sentuh

Mesin: Lebih efisien dengan K14B

Mesin K14B berkapasitas 1.400 cc memiliki performa yang mumpuni

Suzuki Ertiga menggunakan mesin berkode K14B berkapasitas 1.400 cc. beberapa teknologi disematkan lewat kem ganda (DOHC) dan katup variabel VVT. Hasilnya, Suzuki Ertiga mampu memberikan performa yang mumpuni sebagai sebuah MPV dengan 7 seater. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 90 hp. sementara torsi maksimum yang berhasil ditorehkan sebesar 130 Nm. Kebetulan unit yang kami review menggunakan transmisi matik dengan 4 percepatan. Selain itu, efisiensi juga mampu dicapai dengan optimal, baik saat berkendara di dalam dan luar kota.

Penawaran menarik dari CARRO Indonesia

Suzuki Ertiga GX AT 2018 ini ditawarkan dengan harga Rp 169 juta. Tersedia berbagai opsi pembayaran baik cash maupun kredit. Khusus untuk kredit, CARRO Indonesia juga bekerjasama dengan beberapa lembaga pembiayaan terpercaya. Tersedia program cicilan mulai dari Rp 3,6 juta per bulannya.

CARRO Indonesia menyediakan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Pertama, dengan menyediakan 50 opsi pembiayaan untuk cash dan credit. Selain itu, ada cashback untuk uang muka ketika bertransaksi di Tokopedia. Dengan bertransaksi lewat CARRO Automall, Anda akan mendapatkan garansi mesin dan transmisi selama 30 hari. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan asuransi Total Loss Only (TLO) selama setahun dengan cuma-cuma.

CARRO Indonesia menyediakan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Selain itu, ada cashback untuk uang muka ketika bertransaksi di Tokopedia. Dengan bertransaksi lewat CARRO Automall, Anda akan mendapatkan garansi mesin dan transmisi selama 30 hari. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan asuransi selama setahun dengan cuma-cuma.

Spesifikasi

DIMENSI (MM)
Panjang                          : 4.265
Lebar                              : 1.695
Tinggi                             : 1.685
Jarak Poros Roda            : 2.740

MESIN
Tipe                                :  K14B, 4 silinder segaris, 16 Valve, DOHC-VVT
Kapasitas Silinder          : 1.373 cc
Daya Maksimal               : 90 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimal              : 130 Nm / 4.000 rpm

SUSPENSI
Depan                          : MacPherson Strut dengan per keong
Belakang                      : Torsion beam dengan per keong

REM
Depan                         : Ventilated Disc
Belakang                     : Drum

Kesimpulan

Suzuki Ertiga membuktikan bahwa bisa menjadi pilihan utama untuk MPV kompak dengan harga terjangkau. Salah satunya seperti unit yang telah kami review berikut ini. CARRO Indonesia menawarkan unit bersertifikasi dan telah melewati rangkaian 150 titik inspeksi. Tersedia program perlindungan dengan garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan garansi uang kembali selama tujuh hari jika ternyata unit merupakan bekas banjir atau tabrakan.

Jika Anda tertarik dengan unit yang kami tawarkan, CARRO Indonesia juga menyediakan layanan test drive dari rumah. Sehingga mendukung program protokol kesehatan ketat. Selain itu, dengan test drive di rumah, Anda lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan terbebas dari kemacetan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button