Review

Review Honda new BR-V: Low SUV Terfavorit Indonesia

Pada tahun 2016 Honda memperkenalkan Honda BR-V yang mengambil basis dari Honda Brio dan Honda Mobilio. BR-V pun langsung mencuri perhatian dan memberikan perlawanan sengit, karena hadir dengan konsep SUV dengan handling yang memukau bak sedan.

Tapi sayangnya, pesona BR-V mulai meredup di tahun 2018 saat Toyota All-new Rush dan Daihatsu All-new Terios lahir. Duo produk kembar itu menawarkan fitur yang lebih lengkap dari BR-V, kabin lebih lapang, dan kemampuan daya jelajah lebih baik berkat ground clearance yang lebih tinggi 19 mm dari BR-V generasi pertama.

Untuk itu PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda di Tanah Air langsung memutar otak. Mereka bekerja mengembangkan Honda All New BR-V 2022 di pusat riset dan pengembangan mereka yang berpusat di Honda R&D Asia Pacific Prachinburi, Thailand.

Dan inilah hasil kerja keras mereka, Honda All New BR-V 2022 telah menyapa konsumen pecinta LSUV di Tanah Air. Lantas seperti apa mobil ini? Mari kita simak review Honda All New BR-V 2022 ini hingga tuntas.

Desain Eksterior Honda new BR-V

Review Honda BR-V Gen-2 yang pertama adalah dari sisi desain eksteriornya. Jika disejajarkan dengan generasi sebelumnya maka terlihat BR-V Gen-2 lebih modern.

Hal tersebut dapat dilihat untuk varian teritngginya atau Prestige, yang kini parasnya pakai lampu depan LED dan grille mirip kepunyaan Honda Odyssey. Pada bagian belakang, BR-V Gen-2 mengusung desain lampu rem yang mirip Honda City Hatchback. Ada pula spoiler atap yang lebih sederhana.

Kemudian seperti model lamanya, aksesori seperti skid plate hadir di setiap sisi mobil masih tetap dihadirkan untuk menambah aura SUV. Di bagian atap, tersedia antena sharkfin dan roof rail. Untuk menyelaraskan tampilan eksterior, velg BR-V Prestige mengalami ubahan ukuran. Dari sebelumnya pakai 16 inci, kini jadi 17 inci untuk varian tertinggi.

Lalu yang juga menarik, meski menyandang sebagai LSUV dari keluarga Honda ini, ground clearance mobil ini mendapat peningkatan. Kalau sebelumnya 201 mm, sekarang menjadi 220 mm. Sehingga menawarkan kepraktisan berkendara di berbagai kondisi jalanan Indonesia.

–> Review Hyundai Creta: Pendatang Baru yang Fenomenal

Interior & Fitur Honda new BR-V

Mobil LSUV 7-seater ini menampilkan warna dominasi hitam yang kalau kotor tidak terlalu kelihatan. Hanya saja di sisi lain, justru membuat kabin terasa sempit dan kurang lega.

Walau demikian, bicara kapasitas penumpang BR-V terbaru bisa mengangkut hingga 7-orang. Hal ini dimungkinkan dengan konfigurasi jok tiga baris bangku. Kemudian di tiap jok ada head rest. Alhasil di dalam interiornya, orang bisa duduk dalam posisi 2+3+2.

Kemudian pada bagian joknya, sudah dibungkus dengan material kulit sintetis yang berkualitas. Jadi kalau kotor mudah dibersihkan. Pada bagian dashborad yang mendapat sentuhan soft touch berlapis kulit sintetis, utamanya di atas laci penumpang depan.

Di bagian tengah dashboard terdapat head unit touchscreen berukuran 7 inchi yang bisa mengakomodasi kebutuhan audio yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android. Tak hanya itu saja, head unit itu juga bisa mendukung kebutuhan fitur dari BR-V Gen-2.

Kemudian, untuk mempermudah pengisisan daya gawai penumpangnya, Honda BR-V Gen-2 telah menyematkan power outlet di semua baris bangkunya. Rincian power outlet ini tersedia di depan, area konsol, kursi baris kedua, dan baris ketiga.

Oh ya, pada bagian setirnya terdapat beberapa tombol (steering switch) untuk kebutuhan audio dan fitur lain. Meski sudah berlapis kulit, sayangnya setir BR-V Gen-2 ini hanya bisa tilt (gerak ke atas dan bawah) saja dan belum teleskopik (maju mundur).

Ada lagi kekurangannya, rem parkir masih menggunakan sistem tarik (manual) namun sudah disematkan fitur Hill Start Assist (HSA). Alhasil dilihat dari estetika desain terkesan kurang modern. Bandingkan dengan Xpander Cross Facelift yang sudah menggunakan rem parkir elektrik.

–> Kelebihan Honda CR-V Terbaru, SUV Mewah & Kekinian

Performa Honda new BR-V

Honda new BR-V menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT. Di atas kertas, jantung mekanis ini mampu melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Oh ya, tenaga dari mesin tersebut meningkat 1 PS dibanding BR-V lama. Kemudian torsi puncaknya bisa hadir di putaran mesin yang lebih rendah. Sebagai informasi, mesin generasi kedua memiliki basis yang sama dengan City Hatchback. Dari sisi konsumsi BBM, Honda mengkalim mesin BR-V terbaru lebih efisien sekitar 3 persen dibanding generasi pertama.

Seperti biasanya, dalam melakukan test drive kami menguji beberapa hal seperti tes menanjak, drag race, hingga konsumsi BBM. Hasilnya, untuk tes nanjak yang diisi 6 penumpang dengan bobot seluruhnya mencapai 601 kg. LSUV Honda ini berhasil menanjak dengan kemiringan ekstrem 21 derajat. Bahkan ketika mobil berhenti ditanjakan, kemudian digas lagi, masih mau melaju dengan mudah.

Ketersediaan & Harga Honda new BR-V

Jika kamu tertarik dengan new BR-V, Carro.co siap memberikan penawaran terbaik. Pilihan paling tentunya jatuh pada mobil bekas bersertifikasi, yang menawarkan harga lebih terjangkau. Seperti untuk unit new BR-V E Prestige AT tahun 2022, harganya sudah cukup ‘ramah’ di kantong, yakni Rp 239 jutaan saja. Bagi yang ingin kredit, DP-nya juga terjangkau, yakni mulai dari Rp 83 jutaan dan cicilan hanya Rp 6 juta per bulannya.

Untuk kualitas, kamu tak perlu khawatir karena sudah terlindungi oleh Carro Certified. Jaminan bebas dari manipulasi jarak tempuh, garansi 1 tahun untuk mesin & transmisi serta bebas dari bekas kecelakaan, kebakaran dan banjir. Masih ada berbagai promo menarik yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya hanya di Carro.co.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button