Berita

Tips Aman Melintasi Jalan Berlubang

Melintasi jalan berlubang memiliki resiko yang tak bisa dianggap remeh. Namun jangan kuatir karena kami akan berbagi tips amannya berikut ini.

Meski sudah memasuki musim kemarau, namun banyak ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya yang dihiasi dengan lubang. Anda perlu perhatian ekstra saat melintasi jalanan berlubang lantaran bisa membawa kerusakan yang cukup fatal. Salah satunya adalah kerusakan pada komponen suspensi untuk itu, kami akan berbagi seputar tips melintasi jalanan berlubang. Sehingga Anda bisa terhindari dari resiko yang tak diinginkan.

Jaga jarak aman dan selalu pantau kondisi sekitar

Jaga jarak menjadi cara paling ampuh untuk mengantisipasi jalanan berlubang

Sangat disarankan untuk menjaga jarak aman dan selalu pantau kondisi sekitar saat melintasi jalan berlubang. Sehingga Anda memiliki cukup waktu dan ruang untuk melakukan manuver menghindari ketika bertemu jalanan berlubang. Selain itu selalu berhati-hati dan memantau kondisi sekitar. Tujuan agar manuver menghindar yang Anda lakukan tidak mengganggu atau membahayakan pengendara lainnya. Atur jarak sekurang lebih sekitar 2-3 detik dengan mobil di depan. Semakin kencang kecepatan Anda, maka semakin besar juga waktu dan ruang dibutuhkan untuk menghindar. Selalu cek kaca spion setiap 5-10 detik.

Jaga kecepatan Anda

Jaga kecepatan Anda agar punya waktu cukup untuk melakukan manuver menghindar

Tindakan preventif penting kedua adalah dengan menjaga kecepatan Anda. Terlebih ketika sedang berkedara di jalan bebas hambatan. Semakin tinggi kecepatan Anda, maka akan sangat berbahaya untuk melakukan manuver menghindar. Selain itu, melintasi jalanan berlubang pada kecepatan tinggi bisa menyebabkan kerusakan fatal atau bahkan kecelakaan. Selalu patuhi kecepatan maksimal yang berlaku. kecepatan maksimal berkisar antara 80 dan 100 km/jam. Untuk di jalan umum, kecepatan maksimal berkisar antara 40 hingga 60 km/jam.

Kurangi kecepatan sebelum melintasi lubang

Kurangi kecepatan hanya pada saat sebelum melintasi lubang, agar kerusakan bisa diminimalisir

Ingat! Kurangi kecepatan sebelum melintasi lubang dan bukan berbarengan dengan melintasi lubang. Karena jika mengurangi kecepatan dengan cara mengerem bersamaan melintasi lubang, justru akan menimbulkan gaya kejut dan hantaman. Sehingga berpotensi kerusakan dan kehilangan kendali lebih besar. Lakukan pengereman secara halus dan bertahap dan lepas pedal rem saat menerjang lubang. Atur posisi genggaman setir dengan baik dan rileks. Posisinya tangan layaknya di angka 3 dan 9 pada jam, agar siap menghadapi guncangan.

Periksa kondisi mobil setelah melintasi lubang

Percepatan frekuensi pengecekan suspensi mobil Anda jika sering melintasi jalanan berlubang

Setelah melintasi jalanan berlubang, jangan lupa lakukan periksa kondisi mobil Anda. Tujuannya untuk bisa mengetahui potensi kerusakan sedini mungkin. Hantaman yang cukup keras pada ban bisa merusak konstruksi ban dan velg hingga suspensi mobil Anda. Bahkan tak jarang ban langsung meletus atau pelek langsung peyang saat melintasi lubang. Dengan lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya, Anda bisa terhindar dari kerusakan lebih besar. Jika rute harian Anda didominasi dengan kualitas jalanan yang kurang baik, maka lakukan spooring dan balancing lebih cepat.

Cek kondisi jalan yang akan dilalui

Pantau media sosial pihak terkait untuk mengup-date kondisi jalanan terkini

Tak ada salahnya sedikit meluangkan waktu untuk mengecek media sosial pihak berwenang. Contohnya seperti TMC Polda Metro Jaya atau Jasa Marga sebelum melakukan perjalanan. Cari tahu bagaimana kondisi jalan terkini yang akan dilalui. Sehingga Anda lebih siap dalam perjalanan dan dapat menghindari rute yang mengalami kerusakan pada ruas jalannya.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button