Mazda Siapkan Mesin 6 Silinder & RWD di Beberapa Modelnya
Mesin 6 silinder dan penggerak RWD Mazda diklaim mampu berikan tren positif penjualan pada segment mobil premium
Pandemi Covid-19 secara global menjadi hal tersulit bagi sebagian besar pabrikan mobil. Tak terkecuali bagi Mazda, yang mengalami ‘pukulan’ cukup telak pada penjualan globalnya. Pabrikan asal Hiroshima, Jepang ini mengambil siasat untuk kembali mendapatkan tren penjualan yang positif. Salah satunya Mazda menyiapkan mesin 6 silinder & RWD yang ditujukan untuk beberapa lini modelnya.
–> Honda HR-V 2021 Diprediksi Akan Hadir Dalam Hitungan Bulan
Langkah tersebut menjadi bagian dari pembagian dua grup produksi, yakni model ‘kecil’ dan ‘besar’. Nah, lini mesin 6 silinder dengan RWD (Rear-Wheel Drive/Penggerak Roda Belakang) menjadi salah satu platform terbaru yang ditawarkan. Tujuannya untuk menjangkau segmen mobil premium lebih luas.
Mesin 6 silinder 3.0 dan 3.3 liter
Untuk mesin 6 silinder, akan tersedia dua pilihan kapasitas, yakni 3.0 dan 3.3 liter. Kedua pilihan kapasitas tersebut akan tersedia untuk mesin bensin, diesel dan teknologi hybrid. Nantinya untuk mesin 6 silinder terbaru ini akan diproduksi pada pabrik Hofu Plant, yang terletak di Yamaguchi, Jepang pada awal tahun 2022 kelak.
Dua mesin 6 silinder segaris terbaru Mazda dengan piranti penggerak roda belakang
Mesin 6 silinder terbaru dari Mazda ini akan dipasangkan dengan penggerak roda belakang. platform ini akan ditujukan pada model ‘large’ Mazda, seperti lini SUV CX-5 dan CX-8. Meski membutuhkan line produksi baru, namun pabrikan yang terkenal dengan ‘KODO Design’ ini mengklaim akan diprediksi mampu memberikan penjualan lebih baik di segment premium dan enthusiast.
–>Review Mazda Biante Skyactiv 2.0 2017: Hotel Bintang Lima Berjalan
Mesin Rotary
Sebelumnya, Mazda juga menghidupkan kembali mesin legendaris mereka, Rotary. Mesin tanpa piston ini diaplikasi pada Mazda MX-30 Hybrid. Mesin rotary ini berfungsi sebagai range extender yang mampu memberikan tambahan jarak tempuh hingga mencapai 400 km. Sebagai sumber tenaga utama, MX-30 hybrid menggunakan sebuah motor listrik bertenaga 141 hp dan torsi sebesar 264 Nm.
Mazda MX-30 hybrid dengan mesin rotary sebagai range extender-nya
Meski dikabarkan penjualannya di pasar Jepang belum memenuhi ekspektasi Mazda, namun CX-30 hybrid diharapkan akan menuai sukses di beberapa negara, seperti Amerika dan Eropa. Selain itu, Mazda juga dikabarkan akan memperkenalkan beberapa model terbaru lagi untuk mendorong penjualan mereka ke arah positif.
–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro