Berita

Ferrari Portofino M: Coupe dan Spider Dalam Satu Mobil

Melalui dealer utamanya, PT Eurokars Prima Utama, Ferrari Portofino M resmi diperkenalkan di Indonesia pada hari Kamis, 3 Juni 2020.

Bertempat di gedung Eurokars Prima Utama yang terletak di bilangan Cilandak, Ferrari Indonesia memperkenalkan model teranyarnya yaitu Ferrari Portofino M. Model ini merupakan model terbaru yang diluncurkan secara global dan juga menjadi model pertama yang diperkenalkan setelah perusahaan Ferrari mengalami penutupan sementara akibat pandemi. Mengusung tampilan eksterior yang lebih modern dan agresif, sport car ini juga mengalami perubahan signifikan di bagian drivetrain.

Pemakaian girboks 8-percepatan terbaru menjadikan Portofino M mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya yaitu Portofino. Unit ini juga dilengkapi dengan lima pilihan berkendara yang sekarang mempunyai opsi baru, yaitu Race. Mode berkendara Race membuat Portofino M bisa merubah karakter berkendara semakin agresif. Sehingga karakter mesin 3.855 cc yang dilengkapi turbocharger bisa lebih terasa tenaga aslinya. Opsi berkendara Race ini melengkapi empat pilihan berkendara yang sudah hadir sebelumnya, yaitu Wet, Comfort, Sport dan ESC-Off. Untuk pilihan berkendara ESC-Off, komputer dengan sengaja menonaktifkan VDC dan F1-TSC.

Ferrari Portofino M

Jok kini didesain lebih tipis dan mendapatkan fitur penghangat

Lebih dashyat lagi karena Ferrari Portofino M mendapatkan atap keras yang bisa dilipat secara otomatis alias Retractable Hard Top (RHT),  yang menjadikan mobil ini bisa menjadi dua tipe sekaligus, Coupe dan Spider. Portofino M menjadi coupe ketika atap otomatisnya terlipat dan menjadi spider ketika atap dibuka. Ferrari Portofino M juga memberikan kemampuan handling yang superior serta kenyamanan dalam kabin berkat adanya opsi fitur-fitur baru, seperti ADAS serta kursi yang dilengkapi pemanas dan berventilasi. Kenyamanan juga dipersembahkan oleh takdir Portofino yang terlahir sebagai sport car Gran Touring, sehingga karakter suspensinya masih nyaman untuk perjalanan jauh.

–> Temukan mobil bekas bersertifikasi hanya di Official Store CARRO Automall Tokopedia

Mesin Lebih Efisien Dengan Drivetrain Baru

Interior Ferrari Portofino M

Interior juga mendapatkan perangkat entertainment yang canggih dan berkelas

Sport car satu ini juga mengalami peningkatan yang signifikan pada bagian drivetrain dibandingkan dengan model seelumnya. Kini Portofino M sudah dilengkapi dengan girboks 8-percepatan. Girboks 8-percepatan adalah unit sama sekali berbeda dibandingkan transmisi oil bath kopling ganda 7-percepatan. Ini berbeda dari transmisi 8-percepatan pada Ferrari SF90 Stradale, terutama dalam hal rasio gigi yang lebih panjang dan transmisi gigi mundur mekanis. Perubahan tata letak dan integrasi komponennya juga telah mengoptimalkan ukuran girboks dan pemasangannya di dalam mobil.

-> Tips Gunakan Peta Digital Agar Tetap Aman Saat Berkendara

Ferrari Portofino M memberikan respons throttle yang instan pada keseluruhan rentang putaran. Mobil ini memiliki Variable Boost Management, sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Ferrari. Perangkat lunak ini bisa menyesuaikan torsi yang dihasilkan dengan penggunaan gigi yang dipilih. Hasilnya, tarikan mesin semakin bertenaga seiring putaran yang meningkat, sekaligus mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. Saat mobil berakselerasi (dari gigi 3 hingga gigi 8), jumlah torsi yang dihasilkan oleh mesin meningkat hingga mencapai 760 Nm pada gigi ke-7 dan ke-8.

Belakang Ferrari Portofino M

Dengan transmisi baru yang pintar, Ferrari ini mampu menerima torsi sebesar 1000 Nm

Di satu sisi, hal ini memungkinkan Ferrari untuk menggunakan rasio gigi yang lebih panjang pada gigi yang lebih tinggi, sehingga membantu menjaga konsumsi bahan bakar dan emisi tetap rendah, sementara di sisi lain, mengadopsi kurva torsi yang lebih curam pada rentang putaran di gigi rendah untuk tarikan yang lebih halus dan bertenaga.

SPESIFIKASI

FERRARI PORTOFINO M

Panjang                    : 4.594 mm
Lebar                        : 1.938 mm
Tinggi                       : 1.318 mm
Jarak Poros Roda      : 2.670 mm
Jarak Pijak Depan     : 1.633 mm
Jarak Pijak Belakang : 1.635 mm
Konfigurasi                : 8 Silinder Konfigurasi V 16 Twin Turbocharger, 32 Katup DOHC
Kapasitas Silinder      : 3.900 cc
Daya                          : 612 hp @7.500 RPM
Torsi                          : 760 Nm
Transmisi                   : Dual Clutch 8-percepatan
Rem                           : Carbon Ceramin Disc Brake

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button