Berita

Sering Parkir di Gedung? Hindari Parkir Dekat Benda Ini

Anda mungkin sering melihat tetesan air dari penyejuk udara di kawasan parkiran kantor Anda. Tahukah Anda bahwa tetesan tersebut punya dampak berbahaya terhadap lapisan cat?

Menurut Pramanandana dari workshop Auto Look, Kebayoran, Jakarta Selatan, tetesan air A/C punya kandungan asam dan mineral yang cukup kuat. “Bila asam ini mengenai cat mobil, lantas dibiarkan dalam waktu 1-2 hari, maka akan mengendap,” tutur Dana, sapaan akrabnya.

Apabila sudah mengendap, maka akan timbul noda atau flek. “Yang merepotkan, flek ini meresap ke dalam lapisan pernis,” sambungnya lagi. Jika sudah begini, maka flek tersebut sifatnya menjadi permanen. “Kalau sudah begini, percuma dipoles karena nodanya tidak bisa hilang,” tukas pria berpostur langsing ini.

Tetesan air A/C mengandung asam yang cukup keras dan sanggup menembus lapisan pernis mobil.

“Apalagi kalau terkena tetesannya di kap mesin, mengendapnya bisa lebih cepat lagi,” wantinya. Hal ini karena disebabkan noda tersebut akan lebih cepat kering pada permukaan yang panas. Solusi untuk menghilangkannya adalah dengan cara mengecat ulang.

HINDARI PARKIR DI BAWAH POHON

Jika mobil terkena kotoran burung, segera seka dengan kain lap bersih yang sudah dibasahi sebelumnya.

Bila parkir di luar gedung, kita cenderung mencari lokasi di bawah pohon. Alasannya, rindang sehingga kabin mobil tidak begitu panas. Namun sebaiknya hindari parkir di bawah pohon, karena getahnya bisa merusak lapisan cat mobil.

Begitu pula dengan kotoran burung yang kerap menimpa permukaan cat mobil. “Kerak kotorannya sih mudah dihilangkan, tapi kandungan asamnya itu yang merepotkan,” lanjut Dana. Sama halnya seperti air A/C, asam inilah yang meninggalkan noda. Bentuknya seperti noda halus, dan susah hilang meskipun sudah dipoles.

Getah pohon yang dibiarkan akan mengendap di lapisan cat dan menjadi susah dihilangkan.

“Jangan dibiarkan mengendap selama 1-2 hari, kalau tidak asamnya sudah masuk lapisan pernis,” terangnya. Kalau sudah masuk lapisan pernis, maka panel tersebut harus dicat ulang untuk menghilangkannya.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button