Tips & Trik

Tips Atur Cicilan Kredit Mobil Agar Terasa Ringan

Ketika ingin membeli mobil lewat transaksi kredit, membutuhkan persiapan dan kejelian dalam mengatur finansial kamu. Hal tersebut sangat penting lantaran akan sangat mempengaruhi kemampuan dalam membayar cicilan kredit mobil. Karena jika sampai kesulitan untuk membayar atau bahkan gagal bayar, akan ada banyak konsekuensi besar yang harus dihadapi. oleh karena itu, sangat penting untuk memikirkan masak-masak sebelum memutuskan untuk mengambil kredit.

Namun jangan kuatir, selama kamu bisa mengatur keuangan dan menentukan cicilan dengan bijaksana, tentunya konsekuensi buruk bisa dihindari. Untuk membantu kamu dalam menentukan dan mengatur cicilan mobil yang ringan, Carro.co akan berikan tips mudahnya berikut ini.

1. Sesuaikan dengan budget dan keuangan Anda

tips mengatur kredit mobil bekas

Tips pertama dan terpenting adalah menyesuaikan mobil pilihan dengan budget dan kemampuan finansial kamu. Jangan tergoda dengan mobil yang harganya di luar budget dan kemampuan, karena akan membebani keuangan kamu nantinya. Jangan lupa, masih adan kewajiban untuk membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya. Sehingga pastikan juga tidak mengganggu keuangan kamu di setiap bulannya.

–> Baru Jual Mobil? Urus Suratnya Agar tak kena Pajak Progresif

2. Konsultasikan dengan dealer atau leasing

Jika sudah yakin dengan mobil pilihan, maka saatnya konsultasikan pada dealer atau leasing. Tujuannya agar mendapatkan informasi yang jelas mengenai kredit mobil bekas yang akan kamu pilih. Sehingga memudahkan kamu untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari dokumen hingga opsi uang muka, angsuran dan tenor yang tersedia.

3. Manfaatkan simulasi kredit sebelum tentukan kredit mobil

skema kredit brio satya di CARRO

Simulasi atau kalkulator kredit sangat penting untuk mencari tahu seputar berapa besar uang muka, tenor atau lama cicilan dan besaran cicilan per bulannya. Cari tahu dengan cermat dan sesuaikan dengan budget serta kemampuan finansial kamu. Jangan ragu untuk kembali konsultasikan dengan leasing atau dealer agar memudahkan kamu dalam menentukan uang muka dan cicilan yang ringan.

4. Pilih leasing yang legal

Leasing yang kredibel atau terpercaya umumnya terdaftar sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) atau terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, kamu akan terhindar dari risiko penipuan atau kerugian di masa yang akan datang. Jangan mudah terbujuk dengan penawaran menarik dari dealer atau leasing yang kurang jelas kredibilitasnya.

5. Beli di dealer terpercaya

Disaat kamu sudah menemukan kendaraan impian kamu dan memilih untuk lakukan transaksi kredit, pemilihan dealer terpercaya menjadi faktor penting selanjutnya. di Carro.co misalnya, dealer dan marketplace mobil bekas berkualitas terbesar di Indonesia ini juga bermitra dengan beragam biaya pembiayaan dan leasing terpercaya. Sehingga membuat traksaksi bisa dilakukan dengan lebih praktis dan aman tentunya.

Tak hanya itu, Carro.co juga menawarkan beragam mobil dengan cicilan yang super ringan, mulai dari jenis LCGC, city car, MPV hingga SUV kekinian. Tenang, DP dan cicilan sangat fleksibel sehingga tidak memberatkan kemampuan finansialmu. Untuk lebih jelasnya, kunjungi dealer Carro.co yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

–> Jual Mobil di CARRO, Prosesnya cepat, Untungnya Berlipat!

6. Buat pos anggaran untuk pembayaran cicilan kredit mobil

Pembayaran cicilan mobil bekas

Kebiasaan positif yang sangat membantu dalam mengatur cicilan kamu adalah dengan membuat pos anggaran yang terpisah. Dengan tersedianya pos anggaran yang terpisah, maka semakin mudah dalam mengatur arus dana berdasarkan kebutuhan bulanan, mulai dari biaya hidup, tabungan hingga cicilan mobil yang harus dibayarkan setiap bulannya.

7. Langsung bayar cicilan kredit mobil kamu

Satu lagi kebiasaan positif yang sangat membantu dalam mengatur keuangan kamu. Selalu bayar cicilan yang jatuh tempo dan hindari untuk menunda-nunda. Dengan kewajiban yang telah tuntas dibayar maka kamu bisa bebar mengatur anggaran untuk kebutuhan lainnya. Gunakan pos dana yang sudah disiapkan untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Selain itu jangan gunakan cicilan untuk kebutuhan lainnya ya! Hal tersebut akan membuat kamu pusing dalam mengatur arus dana untuk berbagai kebutuhan. Selalu buat pos anggaran seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Sehingga kewajiban kamu dalam membayar cicilan mobil pun akan terasa mudah dan ringan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button