Tips & Trik

Inspeksi Ala CARRO Automall: Transmisi

Inspeksi Ala CARRO Automall selanjutnya beralih ke sektor transmisi, yang merupakan komponen terpenting di mobil setelah mesin

Setelah mesin, transmisi menjadi sektor penting lainnya yang perlu dapat perhatian saat ingin beli mobil bekas. Sebagai komponen penerus daya, transmisi memiliki fungsi vital agar mobil dapat berjalan dengan normal. CARRO Automall pun mengerti akan tersebut, dengan melakukan inspeksi yang ketat. Sehingga calon konsumen dapat menikmati mobil semakin optimal.

Transmisi dibagi dalam dua tipe, yakni manual dan otomatis. Pengecekan pada transmisi manual akan fokus pada bagian transmisi dan koplingnya. Pengecekan akan dilakukan dengan test drive. Ketika kopling masih dalam keadaan baik, maka tenaga mesin dapat tersalurkan dengan optimal. Namun jika kopling sudah mulai aus, maka tenaga mesin akan terasa tertahan. Selain itu, perpindahan di tiap gigi juga menjadi perhatian. Ketika perpindahan gigi dapat dilakukan dengan lancar, maka bisa dipastikan transmisi masih dalam kondisi baik.

Pengecekan transmisi idelnya dilakukan dengan test drive

Sementara untuk transmisi otomatis dan CVT, inspeksi dilakukan lebih teliti dengan melakukan test drive. “Sebisa mungkin akan kami test drive. Tapi jika tidak memungkinkan, kami akan lakukan beberapa cara lainnya,” ujar Masyogi Adhiputra, Head of Marketplace CARRO Indonesia. Pengecekan akan berfokus pada performa transmisi saat berkendara. Salah satu variabelnya adalah, apakah perpindahan gigi dapat berjalan lancar tanpa entakan. Jika tidak, maka bisa dipastikan transmisi bermasalah dan perlu perbaikan lebih lanjut.

Inspeksi pelumas transmisi

Selain itu, penggunaan pelumas transmisi yang berkualitas dan sesuai spesifikasi juga sangat penting. CARRO Automall juga akan mengecek apakah penggunaan pelumas transmisi sudah sesuai dan diganti secara berkala. Karena transmisi dan mesin memang mirip, lantaran ‘nyawanya’ ada di pelumas. Penggunaan pelumas transmisi sudah sesuai dan diganti berkala akan membuat usia transmisi semakin awet.

Dengan kualitas pelumas transmisi terjaga, maka membuat transmisi dapat bekerja optimal lebih lama

Inspeksi transmisi juga meliputi beberapa hal lainnya, seperti kondisi fisiknya. Hal tersebut dapat terlihat dari kebocoran atau rembesan pelumas transmisi. Jika tak ada rembesan atau kebocoran, maka hampir bisa dipastikan kondisi fisik transmisi masih dalam kondisi baik. Dengan kondisi transmisi yang terjaga, performa dan efisiensi mobil dapat dirasakan secara optimal oleh konsumen.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts

Tinggalkan Balasan