Tips & Trik

Cara Mudah Hilangkan Baret Halus Pada Mobil

Baret halus atau swirl memang menyebalkan. Namun jangan kuatir karena mudah untuk menghilangkannya.

Salah satu hal yang paling mengganggu para pemilik mobil ada timbulnya baret halus pada bodi mobil. Baret halus ini juga dikenal dengan sebutan baret swirl lantaran bentuknya mirip dengan sarang laba-laba. Umumnya baret swirl ini timbul lantaran kekeliruan perlakukan saat merawat atau mencuci mobil.

Baret halus atau swirl timbul lantaran kekeliruan saat mencuci atau mengeringkan mobil

Baret swirl paling mudah muncul akibat kebiasaan mencuci dan mengeringkan mobil dengan menggunakan lap karet atau Kanebo dengan gerakan memutar. Sehingga baret halus lama-lama akan timbul dengan bentuk yang membulat dan menjadi swirl. Namun ternyata, jika bodi mobil sudah terdapat swirl atau baret halus, tidak sulit kok untuk membersihkannya. Di pasaran tersedia obat poles dan relative mudah untuk mengantisipasinya.

Langkah hilangkan baret swirl

Langkah pertama adalah dengan mencuci seluruh bodi mobil dengan bersih dan keringkan. Ingat, saat mencuci mobil disarankan tidak menggunakan lap karet seperti kanebo, karena rentan menimbulkan baret baru. Lebih gunakan lap microfiber agar kotoran dapat tersapu bersih. Saat mencuci dan mengeringkan, hindari gerakan memutar, karena akan menimbulkan baret swirl. Idealnya, lakukan gerakan searah karena lebih minim menimbulkan baret.

Anda bisa gunakan polisher untuk hasil lebih maksimal

Setelah kering, parkir di garasi yang teduh dan hangat. Hindari mencuci saat tengah hari, karena rentan menimbulkan jamur akibat perbedaan suhu antara air dan udara. Setelah itu, tuangkan produk penghilang baret swirl pada mesin poles atau spons. Anda bisa membeli mesin poles yang kini banyak dijual di toko perlatan mobil dengan harga mulai dari Rp 250 ribuan. Jika tak ada mesin poles, bisa dengan menggunakan spons ukuran besar yang halus.

Produk penghilang baret swirl yang banyak tersedia di pasaran. Sebut saja Turtle Wax Turtle Wax Scratch atau Meguiar’s Swirl X remover. Poleskan pada bodi yang baret dengan cara memutar hingga baret mulai pudar atau hilang. Setelah itu bersihkan residu sisa obat poles dengan kain microfiber.

Obat poles banyak tersedia di pasaran dengan harga bervariasi

Setelah semua baret swirl dibersihkan maka mulai proses pemolesan gunakan obat poles. Contohnya seperti dual action cleaner polish untuk membersihkan cat. Tuang pada mesin poles atau spons, dan poles seluruh bodi mobil dengan gerakan memutar hingga merata. Setelah itu bersihkan dengan kain microfiber. Kemudian tuangkan wax pada mesin poles atau spons. Lalu poles kembali hingga merata. Setelah itu diamkan sekitar 15 menit agar lapisan wax benar-benar kering. Setelah selesai, Anda bisa kembali menikmati cat mobil Anda bebas baret swirl untuk waklu lebih lama.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Similar Posts