Berita

Penjualan Daihatsu Alami Tren Positif Pada Juni – Juli

Penjualan Daihatsu baik secara retail dan wholesales menunjukkan tren positif. Tentu hal tersebut merupakan kabar baik baik pasar otomotif nasional

Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan peningkatan pada dua bulan terakhir, sejak Juni hingga Juli 2020. Tentu hal ini menjadi angin segar di tengah kondisi nasional yang masih berstatus pademi COVID-19. Secara nasional, pencapaian whole sales ada di kisaran 25 ribu unit atau naik 2 kali lipat dibanding Juni 2020. Sedangkan pada retail sales, pasar otomotif Indonesia selama periode Juli 2020 mencapai sekitar 35 ribu unit. Angka tersebut menunjukkan kenaikan sekitar 19% dibanding Juni 2020.

Daihatsu Sigra menjadi penyumbang utama penjualan Astra Daihatsu Motor

Pada sisi wholesales, pencapaian Daihatsu meningkat tajam. Dari yang sebelumnya sebesar 331 unit pada Juni 2020, menjadi 1.553 unit pada bulan Juli 2020. Total kenaikan penjualan wholesales tersebut hampir mencapai 5 kali lipat. Sementara di bulan yang sama, retail sales Daihatsu di Juli 2020 tercatat sebanyak 5.890 unit. Angka tersebut mencatat  kenaikan sebesar 6% jika dibandingkan bulan Juni 2020 lalu sebesar 5.558 unit.

Daihatsu Sigra mendominasi penjualan

Sementara secara YTD (Year to Date), atau sejak periode Januari hingga Juli, market share Daihatsu juga mengalami peningkatan. Tercatat, pada sisi wholesales naik sebesar 0,4% menjadi 17,9%. Sedangkan retail sales naik 1% menjadi 18,2% dibanding periode yang sama tahun lalu.  Secara akumulatif, penjualan retail sales Daihatsu masih tetap didominasi oleh Daihatsu Sigra dengan pencapaian sebesar 16.631 unit. Daihatsu Sigra berkontribusi sebesar 28,0% dalam total penjualan Astra Daihatsu Motor. Sementara di tempat kedua diikuti oleh Daihatsu Gran Max Pick-Up 12.651 unit (21,3%). Lini SUV Daihatsu, yakni Terios mampu mencatat penjualan sebanyak 8.938 unit (15,0%).

Daihatsu Gran Max Pick-Up masih perkasa di segmen kendaraan niaga

Tren positif penjualan Daihatsu tentu memberikan optimisme besar di dalam pasar otomotif nasional. “Kami berharap, tren positif ini akan terus berlanjut diiringi dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Daihatsu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan akan memacu produksinya sesuai dengan permintaan pelanggan setia Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Sebuah kabar baik dan semoga pasar otomotif nasional akan pulih seperti sedia kala.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button