Berita

Pahami Berbagai Istilah Dalam Kredit Mobil

Kamu pasti cukup familiar dengan istilah Down Payment atau DP, tenor atau angsuran bukan. Istilah ini memang kerap digunakan pada dunia perkreditan, mulai dari kredit smartphone, rumah bahkan kredit mobil. Istilah ini mengacu pada ketentuan pada proses transaksi kredit, sehingga sangat penting bagi kamu untuk mengenal berbagai istilah yang digunakan. Tujuannya, agar kamu bisa memahami pilihan transaksi yang kamu pilih sehingga proses transaksi bisa berjalan dengan lancar dan aman.

Untuk itu, Carro.co akan berikan seputar istilah yang kerap digunakan pada dunia kredit mobil berikut ini. Yuk kita simak informasinya bersama-sama.

1. Simulasi Kredit

Untuk mengetahui perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan, ada baiknya untuk melakukan simulasi kredit mobil baru. Sehingga kamu bisa mengetahui perkiraan biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari tahap awal hingga perkiraan di setiap bulannya.

2. Harga OTR (On the Road)

Harga OTR adalah harga mobil ditambah dengan biaya pajak dan dokumen lainnya. Dokumen yang dimaksud seperti BPKB dan STNK. Harga OTR bisa dikatakan sebagai harga keseluruhan sampai mobil siap dipakai di jalan.

3. Harga Off the Road

Harga Off the Road merupakan harga mobil tanpa termasuk dokumen dan berbagai aspek legalitasnya. Umumnya harga off the road akan ditambahkan dengan berbagai kepengurusan dokumen kepemilikan hingga pajak yang harus dibayarkan oleh calon pembeli.

4. Booking fee

Ketika kamu membeli mobil, tidak semua mobil tersebut berstatus ready, namun juga besar kemungkinan kamu harus menunggu proses pengiriman. Jika kamu tetap menginginkan unitmobil tersebut, maka kamu akan masuk dalam antrian pre-order. Booking fee bisanya digunakan sebagai ‘tanda jadi’ pada kendaraan yang kamu pesan atau mirip dengan istilah pre order.

5.  SPK

SPK kepanjangan dari Surat Pemesanan Kendaraan, yang merupakan beberapa informasi mengenai kendaraan kamu pesan. SPK juga digunakan sebagai tanda dimulainya proses transaksi dan kamu diwajibkan untuk melakukan pembayaran awak untuk mobil yang sudah  dipilih.

6. Down Payment (DP)

Down Payment dikenal juga dengan uaang muka. DP adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan sebelum mengambil kendaraan secara kredit. Besaran DP biasanya disepakati dengan berbagai ketentuan yang dibuat antara kamu dan pihak leasing.

7. Total Down Payment (TDP)

Selain DP (uang muka), kamu juga harus membayar biaya lainnya, yang meliputi seperti uang administrasi, asuransi, dan angsuran kredit pertama. Sehingga besaran biaya TDP akan lebih besar dari perkiraan DP pada proses simulasi kredit.

8. Suku Bunga Kredit Mobil

Suku bunga kredit mobil adalah biaya tambahan yang dikenakan oleh lembaga keuangan pada pinjaman yang diberikan kepada pembeli mobil. Biaya ini dikenakan sebagai imbalan atas pinjaman yang diberikan dan biasanya dinyatakan dalam persentase dari jumlah pinjaman. Suku bunga kredit mobil dapat berbeda-beda tergantung pada lembaga keuangan yang menawarkan kredit mobil, kondisi pasar keuangan, dan profil risiko peminjam.

9. Angsuran

Angsuran adalah besar nominal yang harus dibayar oleh debitur atau peminjam ke kreditur atau pemberi pinjaman dalam jangka waktu yang telah disepakati untuk melunasi suatu pembayaran, pembelian, atau utang atas barang atau jasa.

10. Leasing

Leasing merupakan lembaga pembiayaan yang dapat membantu kamu dalam memiliki kendaraan. Leasing akan menyediakan berbagai pilihan pembiayaan yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu, seperti budget dan kemampuan kamu dalam membayarkan angsuran di setiap bulannya.

11. Tenor

Tenor adalah jangka waktu pembayaran angsuran mobil. Tenor biasanya disepakati sejak awal. Misalnya, kamu ingin mencicil mobil dengan tenor 6 tahun. Berarti mobil akan lunas dalam 6 tahun jika kamu tidak melakukan percepatan pelunasan angsuran.

12. Asuransi All Risk atau Comprehensive

Asuransi All Risk melindungi kamu dari resiko kerugian akibat kerusakan mobil. Asuransi akan memberikan ganti rugi pada kerusakan kendaraan akibat ketidaksengajaan atau kecelakaan.

13. Asuransi Total Lost Only  (TLO)

Asuransi TLO baru bisa diklaim apabila kendaraan kamu mengalami kerusakan hingga mencapai angka 75% atau lebih.

14. ADDM

AADM merupakan singkatan dari Angsuran Dibayar di Muka. Hal ini berarti calon pembeli akan membayarkan cicilan pertama pada sebuah pembelian kendaraan bersamaan dengan uang muka.

15. AADB

ADDB adalah singkatan dari Angsuran Dibayar di Belakang. Dengan ADDB maka pelanggan cukup membayar DP saat di awal pembelian. Konsumen tidak mendapat pengurangan jumlah tenor sebab angsuran pertamanya baru dibayarkan pada bulan berikutnya.

16. Over Kredit

Over kredit mobil adalah proses pemindahan tanggung jawab pembayaran angsuran mobil dari pemilik asli kepada calon pembeli. Dalam proses ini, kepemilikan mobil dialihkan dari penjual kepada pembeli, dengan pembeli melanjutkan sisa cicilan mobil penjual.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button