Berita

Mengenal Ragam Model Pintu Mobil Dari Masa ke Masa

Pintu Mobil bukan hanya sekedar akses untuk keluar/masuk kendaraan, namun juga lambangkan desain elegan hingga keunikan dari sebuah mobil

Pintu merupakan akses untuk masuk keluarnya pengemudi dan penumpang ke mobil. Pada umumnya, pintu mobil memiliki pengoperasian dengan membuka ke arah samping. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa model pintu berdasarkan cara membukanya? Pada perkembangannya, pintu tak hanya dilihat dari fungsinya saja. Bahkan, beberapa pabrikan mobil membuat model pintu unik yang berpengaruh besar dengan estetika dan konsep desain mobil itu sendiri, mulai dari supercar hingga MPV. CARRO Indonesia akan berikan artikel seputar mengenal model pintu yang pernah diaplikasikan pada mobil dari masa ke masa.

Model Scissor (gunting)

Menurut sejarah, aplikasi pintu model gunting pertama kali digunakan pada mobilo konsep Alfa Romeo Carabo pada tahun 1968. Desainernya adalah Marcello Gandini dari rumah modifikasi Bertone, yang menginginkan terbosan pada desain pintu sports car. Keunggulan scissor door tak lain adalah kepraktisannya ketika parkir di tempat yang sempit. Bukaan pintu ke atas, membuat pintu sport car lebih mudah terbuka dan tak membatasi akses keluar masuk.

Scissor door pada Lamborghini Aventador

Scissor door identik dengan Lamborghini

Desain pintu gunting ini pun digunakan pada Lamborghini, yang untuk pertama kalinya pada model Countach, pada dekade ’80-an. Lamborghini-lah yang tetap setia menggunakan desain pintu gunting hingga kini, mulai dari model Diablo, Murcielago hingga Aventador. Sehingga, istilah pintu gunting pun juga dikenal dengan nama Lambo door atau scissor door.

–> Semangat Baru Dimulai di Bulan Januari!

Model Gullwing

Terinspirasi dari kepakan sayap burung camar yang terlihat elegan. Mercedes-Benz 300SL merupakan mobil pertama yang menggunakan pintu model ini pada tahun 1952. Meski sama-sama membuka ke atas, namun gullwing door memiliki engsel pintu yang berada di atap mobil. Keuntungannya, akses keluar dan masuk mobil lebih leluasa ketimbang tipe scissor dan butterfly. Selain Mercedes-benz, DeLorean dan Pagani merupakan pabrikan yang pernah mengadopsi pintu model gullwing door ini.

Model Suicide

Suicide door merupakan desain pintu mobil tertua di dunia. Idenya sendiri, terinspirasi dari kereta kuda, dengan menggunakan engsel pintu yang berada di belakang pintu. Sehingga, bagian depan pintulah yang terbuka ke arah belakang. Pintu model ini sangat populer di dekade tahun 1920 hingga 1940-an.

Suicide door pada mobil merek Lincoln

Suicide door melambangkan kemewahan yang klasik

Keunggulan suicide door adalah akses masuk ke dalam kabin yang lebih lapang ketimbang pintu model konvensional. Namun sebaliknya, akan menyulitkan saat akan keluar mobil, saat ingin membuka pintu ke arah belakang. Namun bukan berarti pintu tipe suicide tak lagi digunakan pada mobil modern, beberapa pabrikan tetap mempertahankan pintu tipe ini. Salah satunya adalah Rolls-Royce (Coach Doors), Opel (FlexDoors) dan Mazda (Freestyle doors).

–> JF Luxury Antar Youtuber Ridwan Hanif Sabet Podium ISSOM

Model Butterfly

Berawal dari keluhan pengguna pintu model gunting yang kerap mempersulit akses masuk dan keluar mobil, maka lahirlah model butterfly door. Desainnya mirip dengan sayap kupu-kupu, dengan tetap membuka ke arah atas. Beberapa produsen mobil pun tertarik untuk menggunakannya, seperti McLaren F1, Ferrari Enzo dan Toyota Sera.

Model kanopi

Mobil konsep Renault dengan pintu kanopi

Sayang, pengembangan pintu model kanopi hanya terhenti di mobil konsep

Belum ada pabrikan mobil yang berani menggunakan model canopy door ke varian produksi massal-nya. Memang, tampilan pintu model kanopi terlihat futuristis ketika terbuka lantaran juga mengangkat atap dan pilar mobil saat pintu terbuka. Saab Aero-X merupakan mobil konsep yang sempat mencuri perhatian publik lewat penggunaan pintu model ini. Bahkan, untuk keperluan film, mobil dalam tokoh Batman, Batmobile juga menggunakan pintu model canopy ini.

Model sliding

Sliding door memang identik dengan mobil MPV, karena tujuannya untuk memberikan kepraktisan saat harus membuka pintu pada parkiran atau ruangan yang sempit. Sliding door menggunakan mekanisme manual atau automatic dengan bantuan motor elektrik dengan arah membuka ke belakang. Meski identik dengan MPV, beberapa sports car pernah menggunakan model pintu geser ini, seperti Kaiser Darrin dan BMW Z1 yang menggunakan sliding door dengan bukaan ke arah bawah.

–> Ini Lho Daftar Mobil Teraman di Asia Tenggara

Model Koenigsegg

Produsen supercar dan hypercar asal Swedia ini terkenal dengan desain pintu yang dapat membuka 180 derajat ke arah depan. Koenigsegg menyebutnya dengan nama Dihedral Synchro-helix Actuation System. Inti dari teknologi pintu ini dengan menggunakan teknologi motor elektrik yang dapat menggeser pintu ke arah samping, lalu memutar pintu 180 derajat ke arah depan.

Pintu unik pada Koenigsegg Jesko

Pintu unik yang identik dengan hypercar asal Swedia, Koenigsegg

Namun kelemahannya, pintu model Koenigsegg ini rentan berbenturan dengan objek yang lebih tinggi dari pada permukaan jalan, seperti trotoar misalnya. Sehingga Koenigsegg memberikan peringatan untuk parkir berjarak minimal 40 cm dengan trotoar jalan dan tidak membuka pintu ketika ada objek dengan tinggi lebih dari 10 cm dari permukaan jalan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Related Articles

Back to top button