Berita

Jeep Compass 4xe & Renegade 4xe Resmi Mengaspal

Fiat Chrysler Automobile akhirnya memperkenalkan Jeep Compass 4xe dan Renegade 4xe, yang merupakan varian plug-in hybrid terbaru

 Rumor akan kehadiran varian hybrid pada lini Compass dan Renegade sudah santer tercium sejak tahun lalu. Jeep akhirnya resmi melengkapi kedua lini SUV dan crossover kompak tersebut dengan varian plug-in hybrid. Hal tersebut diumumkan Melalui virtual video confrence (20/7) oleh Fiat Chrysler Automobile (FCA) selaku induk perusahaan Jeep. Lini Compass dan Renegade plug-in hybrid akan mulai tersedia pada September 2020 mendatang. Untuk penamaannya, Jeep akan menggunakan kode 4xe.

Badge ‘4xe’ ini akan menjadi simbol varian Compass dan Renegade plug-in hybrid

Baik Jeep Compass 4xe & Renegade 4xe menggabungkan sebuah mesin konvensional dan dua buah motor elektrik. Kedua buah motor elektrik ini akan terpasang di depan dan belakang. Cara kerjanya, motor elektrik dan mesin akan menyediakan tenaga yang tersalurkan untuk roda depan. Sementara untuk motor elektrik yang terpasang di belakang akan menggerakkan kedua roda belakang. Sehingga, kedua motor elektrik ini akan bekerja simultan layaknya penggerak empat roda (4WD).

Diagram cara kerja varian plug-in hibrid pada Jeep Compass 4xe & Renagade 4xe

Jeep menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 11,4 kWh untuk mendukung sistem plug-in hybrid tersebut. FCA mengklaim Jeep Compass 4xe & Renegade 4xe dapat berjalan dengan hanya menggunakan motor elektrik (EV mode) sejauh 50 km. Ketika daya baterai menipis, konsumen bisa melakukan pengisian daya pada charger berjenis single phase 7,4 kW. Menurut Jeep, pengisian daya akan memakan waktu sekitar 100 menit.

Performa dan harga

Kedua crossover dan SUV terbaru dari Jeep ini akan ditawarkan dengan tiga tipe, yakni S, Limited dan Trailhawk. Untuk mesin konvensionalnya akan menggunakan varian 4 silinder berkapasitas 1.300 cc. Total tenaga yang dihasilkan pun bervariasi, mulai dari 190 hp hingga 210 hp tergantung tipe. Performanya pun cukup mumpuni, yakni mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,5 detik saja. Kecepatan maksimum mencapai 200 km/jam dalam mode konvensional dan 81 km/jam dalam EV mode.

Pengisian daya baterai bisa dilakukan pada stasiun pengisian listrik umum

Menurut FCA, Jeep Compass 4xe & Renegade 4xe akan tersedia untuk pasar Amerikan dan Eropa sebagai ‘First Edition’. Harga yang ditawarkan sekitar 38.800 Euro atau sekitar Rp 635 juta untuk Renegade 4xe. Sementara untuk Jeep Compass 4xe ditawarkan 43.300 Euro atau sekitar Rp 731 juta. Untuk pasar Asia, kedua Jeep kompak ini dikabarkan paling cepat pada tahun 2021 mendatang. Wah semoga mampir ke Indonesia ya!

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button