Berita

4 Teknologi Lampu Mobil Paling Keren dan Canggih Saat Ini

Seiring perkembangan teknologi, lampu mobil modern tak hanya sekedar terang, namun juga lebih pintar dalam menentukan tata pencahayaannya.

Lampu LED (Light Emitting Diode) sudah menjadi kelengkapan standar di banyak mobil saat ini. Beberapa kelebihan menjadi nilai utama yang mampu ditawarkan oleh lampu LED. Salah satunya adalah lampu LED memiliki pencahayaan lebih terang, sekaligus lebih irit daya alias hemat energi. Selain itu, lampu LED juga memiliki usia pakai lebih panjang, tahan terhadap guncangan dan waktu respon menyala lebih cepat.

Seiring perkembangan dunia otomotif, lampu mobil mendapatkan pengembangan dengan sentuhan teknologi terkini. Tujuannya, tak hanya lebih terang, namun juga semakin efisien dan lebih aman untuk semua pengguna jalan lainnya. Untuk mengenal lebih jauh teknologi lampu saat ini, simak penjabaran kami berikut ini.

Adaptive headlight

Adaptive headlight mampu memberikan beragam pola pencahayaan tergantung arah mobil dan permukaan jalan

Fitur lampu ini kerap dipasangkan dengan lampu LED. Fitur Adaptive headlight memiliki kemampuan dapat mengatur arah pencahayaan tergantung dengan permukaan jalan dan arah mobil. Sensor adaptive headlight akan bergerak sesuai arah setir, sehingga meminimalisir blind spot saat berkendara di tempat gelap atau malam hari.

Automatic high beam

Automatic hight beam mampu menyesuaikan arah pencahayaan tergantng kondisi lalu lintas

Dikenal juga dengan sebutan smart high beam. Teknologi lampu ini mampu beralih dari sorot jauh (high beam) ke sorot dekat (low beam) secara otomatis. Sensor akan otomatis merubah sorot lampu ketika membaca ada objek di depan mobil. Contoh objek yang dapat dibaca sensor adalah pengendara dari arah berlawanan, pengendara sepeda hingga pejalan kaki. Sehingga, pengguna jalan lainnya tak terganggu atau merasa silau akibat pencahayaan high beam.

Laser headlight

Dengan bantuan sinar laser, teknologi laser headlight mampu berikan tata cahaya lebih jauh dan fokus

Teknologi laser headlight terbukti mampu memberikan sorot pencahayaan lebih jauh. Teknologi lampu canggih ini merupakan pengembangan dari lampu LED. BMW menjadi pabrikan pertama yang mengembangkan laser headlight. Cara kerjanya, dengan menggunakan sinar laser untuk membantu meningkatkan pencahayaan lampu.

Bantuan sinar laser ini diklaim tak membahayakan lantaran tak langsung dipancarkan ke jalan. Namun melainkan dengan memantulkannya terlebih dahulu dengan system proyektor canggih. Sehingga, sinar laser kebiruan akan berubah menjadi sinar putih yang relatif tak berbahaya.

Matrix LED

Teknologi Matrix LED menggunakan pola matrix untuk berikan tata pencahayaan lebih maksimal

Teknologi satu ini pertama kali dikembangkan oleh Audi. Matrix LED menggunakan pola matrix yang dapat berubah-ubah saat memancarkan sinar lampu. Tujuannya, agar sinar lampu dapat diarahkan untuk menghidar dari objek yang ada di depannya. Matrix LED juga menggunakan system camera khusus untuk memantau kondisi di depan. Pada versi terkini, matrix LED juga telah menggunakan bantuan sinar laser untuk memberikan pancaran sinar yang lebih jauh dan fokus.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Similar Posts