Tips & Trik

Tips Foto Mobil Kekinian dengan Hasil yang Memikat

Pasti kamu doyan narsis di media sosial bukan? Kalau iya, hal tersebut bisa kamu manfaatkan ketika memutuskan untuk menjual mobil kamu. Karena dengan foto mobil yang bagus, membantu untuk memasarkan mobil jualan kamu agar menarik perhatian calon pembeli. Jika digarap dengan serius, tentunya akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Untuk memulainya, cukup mudah kok, namun tentunya harus ditunjang dengan alat yang mendukung.

Pilihannya bisa memanfaatkan beberapa gawai untuk melakukan fotografi, mulai dari kamera DSLR, mirrorless hingga smartphone kamu. Namun cara paling praktis dan relatif terjangkau adalah dengan memanfaatkan ponsel pintar tersebut. meski hanya menggunakan smartphone, namun dengan trik yang tepat, maka hasil yang didapat juga akan maksimal. Untuk itu, simak tips yang Carro.co hadirkan berikut ini.

1. Pilih lokasi dan latar yang mendukung

memilih latar belakang saat foto mobil

Hal pertama untuk memulai foto mobil adalah dengan memilih lokasi dan latar yang mendukung. kamu bisa saja memanfaatkan garasi rumah , asal tersedia cukup ruang dan latar yang bersih. Namun untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memanfaatkan ruang yang cukup luas dengan ketersediaan latar yang polos dan bersih. Sehingga, bisa memiliki cukup ruang untuk memfoto dari berbagai sudut dengan lebih leluasa.

–> Tips Jual Mobil Agar Cepat Laku Hanya dari Rumah Anda!

2. Pastikan dapat pencahayaan dengan baik

Pencahayaan saat pemotretan

Pencahayaan tentu sangat penting untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Idealnya, lokasi foto yang kamu pilih memiliki pencahayaan yang cukup. Bisa saja menggunakan bantuan flash, namun ingat, fitur flash yang digunakan oleh smartphone sangat terbatas. hindari memfoto dengan membelakangi cahaya karena objek akan terlihat gelap. Jika ingin memotret di luar ruangan, waktu terbaik adalah pagi dan sore hari untuk dapatkan kualitas pencahayaan yang terbaik.

3. Gunakan fitur image stabilization

Fitur image stabilizer pada smartphone

Pada smartphone umumnya sudah dibekali dengan image stabilization (OIS/EIS). Fitur ini sangat berguna untuk mencegah hasil foto yang kurang jelas (blur) akibat kamera yang bergerak atau goyang saat pengambilan foto. Jika smartphone kamu belum ada fitur ini, maka pastikan tangan untuk tetap stabil dan tidak bergerak/atau bergetar saat pengambilan foto. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan tripod yang kini banyak tersedia dan memiliki harga terjangkau.

4. Pelajari mode exposure yang tersedia di kamera smartphone

memanfaatkan mode pemotretan saat foto mobil

Kamera smartphone masa kini umumnya sudah dilengkapi dengan beberapa pilihan exposure, seperti portrait, landscape, macro hingga night mode. Dengan mempelajarinya, maka kamu akan mendapatkan settingan foto dan exposure yang optimal sesuai dengan bentuk, ukuran dan warna mobil kamu.

5. Tonjolkan bagian paling menarik dari mobil 

Lampu LED pada Range Rover

Setiap mobil memiliki bagian menarik yang bisa dimanfaatkan untuk membuat hasil foto mobil menjadi lebih menarik. Bagian menarik ini bisa dari lampunya, siluet bodinya hingga velg-nya. Dengan fokus pada bagian paling menarik, juga membantu kamu untuk jelaskan salah satu alasan kuat mengapa calon pembeli harus membeli mobil kamu.

–> Ingin Beli Toyota Calya? Berikut Kelebihan & Kekurangannya

6. Foto berbagai sektor mobil beserta kelengkapan dan aksesorinya

Mesin 4.4 liter BMW

Semakin lengkap kamu memotret mobil dan berbagai kelengkapan dan aksesorinya, maka akan membantu calon pembeli saat ingin melakukan pengecekan awal kondisi mobil. Jangan lupakan beberapa foto detail seperti mesin, roda, interior, dashboard, bagasi, jok hingga dongkrak dan kunci roda bawaan mobil.

7. Cuci dan poles mobil Anda

Proses coating mobil

Semua tips foto mobil di atas tak akan berikan hasil sempurna jika kamu tidak membersihkan mobil terlebih dahulu. Cuci mobil secara mendetail untuk dapatkan hasil bersih yang maksimal. Jika perlu, kamu bisa memanfaatkan jasa poles mobil atau car detailing untuk dapatkan hasil paling maksimal. Jalan lupa bersihkan pula interior dan ruang mesin mobil kamu.

8. Gunakan Pro Mode

Pro Mode memudahkan kamu untuk mengatur parameter seperti ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual dengan leluasa. Dengan mode ini Anda bisa motret mobil lebih leluasa.

Misalnya, ISO lebih rendah dan white balance digunakan untuk menyesuaikan kondisi sirkuit seperti Mandalika yang terik. Sehingga, warna langit dan kondisi trek sirkuit bisa sesuai keinginan. Tidak overexposure, terlalu pucat, atau malah terlalu gelap.

Sementara pengaturan shutter speed yang tepat penting untuk memotret mobil di sirkuit yang melaju dalam sangat kecepatan tinggi. Pengguna bisa memakai pengaturan manual untuk mendapatkan foto mobil yang lebih tajam, jernih, serta detail di berbagai kondisi pencahayaan.

9. Maksimalkan Fitur Space Zoom

Tantangan memotret mobil di sirkuit adalah jarak yang terlalu jauh antara bangku penonton dengan obyek mobil atau motor yang ingin diabadikan. Dengan perbesaran gambar, pengguna sudah bisa mendapat gambar mobil yang sangat tajam, seolah-olah seperti sedang menggunakan lensa zoom di kamera DSLR.

Tipsnya adalah mendapat perbesaran yang pas (bisa diatur dengan mencubit layar) agar mobil yang tertangkap tetap detail dan fokus. Memotret saat mobil sedang menurunkan kecepatan saat berbelok di tikungan direkomendasikan karena lebih dramatis.

10. Gunakan Mode Burst Saat Motret Mobil

Mode Burst artinya menahan tombol shutter hingga mendapat banyak frame dalam sekali jepret. Di pinggir sirkuit, pengguna bisa mengaktifkan mode Burst dengan cara swipe tombol shutter ke bawah dan lepas jari untuk berhenti.

Hasilnya, konsumen bisa menangkap banyak frame dalam sekali jepret. Ini penting mengingat kecepatan mobil di sirkuit sangat tinggi. Memanfaatkan mode Burst, puluhan frame bisa ditangkap sensor Galaxy S22 Ultra 5G. Tinggal dipilih momen terbaik yang ingin dibagikan.

11. Motret Mobil Dengan Format RAW

Jika ingin hasil foto yang lebih epic, tidak ada salahnya menggunakan format RAW hingga 16 bit. Format RAW menangkap lebih banyak informasi atau data dibanding format JPEG. Dampaknya, pengguna bisa mengedit foto lebih leluasa. Pengeditan foto RAW ini dipermudah lewat aplikasi Expert RAW dan koleksi preset dari Adobe Lightroom. Sehingga editing tools yang digunakan lengkap, dan gambar persis sesuai keinginan.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro.co

Related Articles

Back to top button