Tips & Trik

Tips Mudah Membersihkan Kabin Mobil Sendiri di Rumah

Anda bisa membersihkan kabin mobil dengan mudah dengan bantuan alat rumah tangga di rumah. Simak tips mudahnya berikut ini.

Kebersihan kabin mobil sangat penting untuk kenyamanan Anda dan penumpang selama dalam perjalanan. Selain itu, dengan kabin atau interior mobil yang bersih juga dapat meminimalisir kehadiran kuman, bakteri dan virus berbahaya. Tips mudah membersihkan kabin mobil ini pun bisa diaplikasi di semua mobil, contohnya seperti pada interior Toyota Calya misalnya. Alat dan bahannya sendiri bisa dengan memanfaatkan peralatan rumah tangga.

Sebelum masuk ke langkah pertama, persiapkan terlebih dahulu peralatannya. Siapkan masker dan sarung tangan untuk perlindungan Anda. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan lap bersih, meski idealnya dengan menggunakan lap microfiber. Gunakan sikat kecil atau sikat gigi untuk noda membandel dan gunakan kuas atau cotton bud untuk membersihkan di celah sempit.

–> Tips Agar Emisi Gas Buang Mobil Anda Dapat Terjaga

Gunakan vacuum cleaner untuk hasil maksimal

Langkah pertama dimulai dengan menurunkan semua barang dan aksesoris yang ada di kabin atau interior mobil. Setelah itu, gunakan vacuum cleaner untuk menyedit debut dan kotoran pada lantai dan jok mobil. jika tak ada vacuum cleaner, Anda bisa gunakan sapu kecil. Pastikan semua celah kabin mobil tak terlewat, seperti kolong jok atau bagian dalam laci mobil.

Gunakan vacuum cleaner untuk hasil yang maksimal

Gunakan lap bersih atau microfiber untuk membersihkan permukaan dashboard dan setir. Untuk plafon bisa dengan menggunakan sikat halus dengan bantuan air atau deterjen untuk noda membandel. Lakukan secara perlahan agar tak merusak lapisan permukaan plafon. Cara ini juga bisa Anda lakukan pada jok baik bermaterial kulit atau fabric. Pastikan lapisan jok dan plafon kering kembali saat Anda selesai membersihkannya.

–> Tips Pengecekan Saat Beli Mobil Bekas Bersertifikasi Secara Online

Hati-hati gunakan cairan pembersih

Penggunaan cairan pembersih khusus interior memang bisa memudahkan dalam membersihkan kotoran atau noda membandel. Namun ingat, pastikan cairan pembersih interior atau interior cleaner yang Anda gunakan berkualitas baik dan ramah lingkungan. Gunakan secara hati-hati dengan tetap gunakan masker dan sarung tangan.

Hati-hati dalam pemilihan dan penggunaan cairan pembersih interior mobil

Pastikan pula interior cleaner yang Anda gunakan bebas dari komposisi cairan kimia berbahaya, seperti alkohol dengan kadar tinggi misalnya. Hal tersebut dapat berpontesi merusakan lapisan interior yang rentan, seperti permukaan dashboard atau jok. Lebih amannya, gunakan interior cleaner dengan bahan dasar air atau (waterbased).

–> Ingin beli Mobil di Awal Tahun? Simak 5 Hal Penting Berikut Ini

Jangan lupa bersihkan kisi-kisi AC

Kisi-kisi AC merupakan komponen penting dalam pendinginan dan sirkulasi udara pada interior. Tak heran jika kemungkinan timbulnya debu dan kotoran akan sangat mudah terjadi pada kisi-kisi AC. Gunakan cotton bud agar bisa menjangkau celah sempit dan lakukan pada semua kisi-kisi AC.

Gunakan kuas kecil atau cotton bud untuk menjangkau kisi-kisi AC

Anda bisa gunakan cairan disinfektan untuk membunuh kumah berbahaya, namun lakukan dengan ekstra hati-hati. Dan jangan lupa, saat membersihkan kabin mobil, lakukan pada tempat yang teduh dan hindari dari paparan sinar matahari langsung. Selamat mencoba!

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

 

Related Articles

Back to top button