Daigo Saito Pasang Mesin 2JZ-GTE 1.000 Hp di Toyota GR Yaris
Untuk pertama kalinya, Toyota GR Yaris akan disulap menjadi drift car. Proyek ambisius tersebut dikerjakan oleh drifter Jepang, Daigo Saito
Daigo Saito merupakan salah satu drifter elit Jepang yang sangat bertalenta di berbagai event drift internasional. Tak hanya itu, Saito-san juga dekat dengan mobil Toyota. Sebelumnya Saito sempat memasangkan mesin 2JZ-GTE pada Toyota Supra A90 pada tahun lalu. Toyota Supra generasi terbaru tersebut pun sukses menjadi salah satu drift car paling kompetitif di berbagai ajang drift Jepang.
Penggerak AWD khas GR Yaris dikonversi menjadi penggerak belakang agar bisa diajak drift
Namun kali ini Daigo Saito memiliki ide cukup liar, dengan memasang mesin 1JZ-GTE pada Toyota GR Yaris. Sejatinya, Toyota GR Yaris sudah dibekali dengan dua pilihan meski berperforma cukup kompetitif. Pertama adalah mesin G16E-GTS berkapasitas 1.600 cc bertenaga 280 hp. Pilihan kedua adalah mesin tiga silinder berkode M15A-FKS Dynamic Force bertenaga 120 hp. Namun tampaknya kedua mesin generasi terbaru dari Toyota tersebut tak cukup memuaskan Daigo Saito.
–>Aston Martin Victor, Reinkarnasi Sports Car Klasik Era ’70-an
Pemasangan mesin 2JZ-GTE dan penguatan pada transmisi
Drifter kelahiran Saitama, Jepang ini memilih memasangkan mesin 2JZ-GTE. Mesin bawaan Supra A80 ini disinyalir sudah dituning oleh HKS hingga mampu hasilkan tenaga 1.000 hp! Salah satunya dengan mengaplikasi stroker kit hingga berkapasitas 3.400 cc dan penggunaan turbo berdimensi besar dari HKS. Transmisi manual 6 percepatan juga mendapatkan penguatan pada komponen internal agar kuat menahan tenaga mesin yang sudah buas tersebut.
Tak hanya menangani proyek Yaris drift, namun Daigo Saito juga mengembangkan GR Yaris untuk keperluan reli dan balap
Tampaknya Daigo Saito ingin membuat Toyota GR Yaris ini sebagai drift car terbaru miliknya. Untuk itu, penggerak AWD bawaan mobil dikonversi menjadi penggerak belakang. Track roda pun lebih melar untuk mendapatkan traksi maksimal saat diajak ngedrift. Untuk menyesuaikan dengan track roda yang sudah lebih lebar tersebut, Daigo memesankan widebody kit buatan Rocket Bunny.
Ubahan yang dilakukan memang belum final. Masih banyak pekerjaan rumah Daigo Saito agar Yaris Drift miliknya dapat berkompetisi dengan optimal. Salah pekerjaan rumah terbesar adalah memastikan komponen suspensi GR Yaris ini dapat lebih kuat dan awet saat diajak melakukan sideways. Namun kabarnya, Daigo Saito akan lakukan pengetesan GR Yaris miliknya dalam waktu dekat. Wah jadi tak sabar ingin melihatnya sosok hatchback Toyota ini ketika lakukan tarian sideways di lintasan drift.
–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro