SYARAT & KETENTUAN UMUM

SYARAT & KETENTUAN UMUM CARRO.ID

Harap baca Syarat dan Ketentuan umum ini (selanjutnya disebut "S&K") dengan seksama sebelum menggunakan situs web atau layanan dari “CARRO”, (dimana “CARRO” dalam kebijakan ini terdiri dari PT Sahabat Mobil Nusantara dan/atau PT Kawan Mobil Nusantara) (suatu Perseroan Terbatas yang didirikan menurut dan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia). Dengan menggunakan situs web atau layanan dari “CARRO”, Anda setuju untuk terikat dengan “S&K” ini.

1                    UMUM

1.1               situs web www.carro.id adalah situs web yang dioperasikan oleh “CARRO”, yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia (selanjutnya disebut “Sahabat Mobil Nusantara” atau “Kawan Mobil Nusantara” atau “Kami”).

1.2              “CARRO” mengoperasikan database yang dapat diakses menggunakan internet melalui situs web atau melalui aplikasi perangkat seluler atau layanan lainnya, di mana “CARRO” mendaftarkan kendaraan bermotor roda empat untuk dijual dan yang dapat digunakan untuk pencarian kendaraan bermotor roda empat oleh Mitra yang disetujui (selanjutnya disebut "Pengguna" atau "Mitra” atau “Kalian” atau, jika digunakan dalam bentuk tunggal, “Pengguna” atau “Mitra” atau “Anda”) melalui fungsi pencarian yang disediakan oleh “CARRO”. “CARRO” dapat menawarkan layanan kepada Mitra dalam kaitannya untuk kegiatan di atas (situs web atau aplikasi perangkat seluler atau layanan lainnya yang selanjutnya disebut secara kolektif sebagai "Layanan").

1.3              “S&K” ini akan mengatur penggunaan Layanan yang disediakan kepada Mitra. Dengan menggunakan Layanan “CARRO”, Mitra setuju untuk terikat dengan “S&K” ini. “CARRO” berhak memodifikasi “S&K” ini kapan saja dan tanpa memberikan alasan atau pemberitahuan terlebih dahulu. Perubahan berlaku saat diposting di situs web. Mitra harus memeriksa pembaruan terhadap “S&K” ini secara berkala. Penggunaan berkelanjutan situs web atau layanan dari “CARRO” setelah adanya perubahan terhadap “S&K” ini merupakan bentuk penerimaan Mitra terhadap perubahan tersebut.

1.4              “CARRO” tidak menerima “S&K” apa pun yang ditetapkan secara sepihak oleh Mitra, terlepas dari apakah “S&K” tersebut dianggap bertentangan atau tidak menurut Perundang-Undangan yang berlaku di Indonesia.

2                    PENDAFTARAN DAN PERMOHONAN

2.1               Pendaftaran hanya diperbolehkan untuk bisnis yang terdaftar sebagai dealer kendaraan bermotor roda empat. Pendaftar dapat melakukan login sebagai Mitra dalam bentuk Badan Usaha maupun Orang Perseorangan. Badan Usaha maupun Orang Perseorangan yang mendaftar harus berwenang secara hukum untuk mendaftarkan Mitra yang berpartisipasi (selanjutnya disebut sebagai “Orang yang Diberi Wewenang”).

2.2               Mitra dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Badan Usaha atau Orang Perseorangan yang diberi wewenang adalah individu yang secara hukum memiliki kapasitas dan/atau berhak menandatangani perjanjian yang mengikat berdasarkan hukum Republik Indonesia khususnya dalam “S&K” ini, dan bahwa Pihak yang diberi wewenang setidaknya berusia 21 tahun dan tidak berada di bawah pengampuan. (sebagimana ditetapkan dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata).

2.3               Mitra setuju untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini. Mitra tidak boleh menggunakan alamat email palsu atau data perusahaan palsu, menyamar sebagai Badan Usaha atau Orang Perseorangan atau dengan tidak sah menyatakan afiliasi dengan seseorang atau entitas.

2.4               Sebagai bagian dari pendaftaran dan/atau permohonan untuk setiap layanan dan dalam perjalanan lebih lanjut disebut dengan “Hubungan Bisnis”,“CARRO” berhak setiap saat untuk meminta pengajuan dokumen legalitas yang masih berlaku secara efektif atau informasi lainnya yang mungkin diperlukan untuk pendaftaran dan permohonan serta pembaharuan.

2.5               Jika data yang disediakan berubah setelah aplikasi, Mitra yang berpartisipasi wajib segera memberitahukan kepada “CARRO”. Informasi hanya dapat diserahkan kepada “CARRO” secara tertulis via email.

3                    PENGGUNAAN LAYANAN 

3.1               Mitra sepenuhnya bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi dan mengamankan akses miliknya dengan hati-hati. Mitra juga wajib memberitahu “CARRO” sesegera mungkin jika terbukti bahwa data miliknya akan dikumpulkan dan digunakan oleh Pihak Ketiga. Mitra bertanggung jawab atas semua aktivitas yang terjadi di bawah aksesnya dan melepaskan“CARRO” dari segala bentuk tanggungjawab dan/atau tuntutan hukum sehubungan dengan aktivitas yang terjadi di bawah akses Mitra.

3.2               Mitra dapat menggunakan akunnya sendiri dan berjanji untuk tidak memberi wewenang kepada orang lain untuk menggunakan identitas atau akun Mitra. Mitra tidak dapat mengalihkan atau mentransfer akunnya ke pihak lain.

3.3               Mitra berjanji bahwa ia akan menggunakan situs web atau layanan lainnya sesuai dengan tujuan awal penggunaannya. Mitra tidak diperbolehkan mengubah atau memodifikasi situs web atau layanan lainnya atau mencoba untuk melakukannya dengan cara apa pun.

3.4               Mitra tidak boleh menyalahgunakan atau menggunakan layanan untuk tujuan penipuan atau dengan cara lain menyebabkan ketidaknyamanan atau kerusakan terhadap reputasi “CARRO” dan/atau Pihak Ketiga.

4                    PELANGGARAN HUKUM 

4.1              “CARRO” dapat mengambil berbagai langkah jika ada indikasi khusus yang menunjukkan bahwa Mitra melanggar ketentuan hukum, hak pihak ketiga atau “S&K” ini, atau jika “CARRO” memiliki kepentingan sah lainnya, khususnya jika Mitra mengalami kegagalan pembayaran dalam konteks kesepakatan terkait kendaraan bermotor roda empat dengan “CARRO” atau perusahaan yang terafiliasi dengan “CARRO”.

4.2               Langkah-langkah tersebut termasuk namun tidak terbatas pada mengeluarkan peringatan kepada Mitra, memblokir Mitra untuk sementara atau secara permanen. Dalam memilih tindakan mana yang akan diterapkan, “CARRO” akan selalu mempertimbangkan akibat hukumnya.

5                    HAK-HAK 

5.1               Sesuai dengan pemenuhan “S&K” ini oleh Mitra dan penerimaan pendaftaran oleh “CARRO”, “CARRO” memberikan kepada Mitra lisensi terbatas yang non-eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan, dialihkan, disublisensikan atau dibatalkan untuk menggunakan situs web atau aplikasi perangkat seluler atau aplikasi lainnya untuk tujuan yang diatur dalam “S&K” ini.

5.2               Mitra berhak menggunakan pencarian online yang disediakan dan mengakses catatan individu di layar mereka dengan tetap menyesuaikan pada prinsip-prinsip keamanan data. Selanjutnya, Mitra berhak,untuk tujuan visualisasi permanen,membuat cetakan berdasarkan “S&K” ini. Selain itu, Mitra dapat mengirimkan penawaran yang mengikat untuk setiap kendaraan. Mitra dilarang melakukan kegiatan yang bertujuan untuk membuat layanan kami menjadi disfungsional dan/atau mempersulit penggunaannya.

5.3               Mitra tidak boleh tanpa persetujuan tertulis “CARRO” secara sistematis mengekstraksi, menggunakan kembali, menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan, mendistribusikan, melisensikan, menjual, mentransfer, menampilkan kepada publik, mereproduksi, mengirim, mengalirkan, menyiarkan, menguraikan atau membongkar sebagian atau mengeksploitasi Layanan. Mitra secara khususnya tidak diizinkan tanpa persetujuan tertulis dari “CARRO” untuk menggunakan data mining, robot, atau penggunaan serupa dari pengumpulan data dan program ekstraksi untuk mengambil bagian penting dari layanan kami untuk digunakan kembali.

5.4               Mitra tidak diizinkan untuk merekayasa balik atau mengakses situs web atau aplikasi perangkat seluler atau aplikasi lainnya untuk:

(a)   membangun produk atau layanan yang kompetitif; atau
(b)   membangun produk menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafik yang serupa dari situs web dan/atau Layanan; atau
(c)   menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafik apa pun dari situs web dan/atau aplikasi perangkat seluler.

5.5               Dilarang melakukan tautan, integrasi, atau tautan lain di layanan kami tanpa izin tertulis. Presentasi dan fungsionalitas layanan bervariasi berdasarkan jenis aksesnya - misalnya, melalui internet atau aplikasi perangkat seluler. Hak untuk menggunakan layanan dan fungsinya hanya dimungkinkan dalam konteks keadaan saat ini.

5.6               Mitra mengakui bahwa “CARRO” tidak memiliki kewajiban untuk memantau akses Mitra atau penggunaan situs web atau aplikasi perangkat seluler atau layanan lainnya, tetapi “CARRO” memiliki hak untuk melakukannya untuk tujuan mengoperasikan situs web atau aplikasi perangkat seluler atau layanan lainnya, untuk memastikan kepatuhan Anda terhadap “S&K” ini, atau untuk mematuhi hukum yang berlaku atau perintah atau persyaratan pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintah lainnya.

6                    GARANSI

6.1               Garansi 7 (tujuh) hari uang kembali. Garansi ini hadir untuk menegaskan bahwa setiap mobil yang dijual “CARRO” bebas dari bekas kecelakaan, banjir atau segala jenis manipulasi atau penipuan. Jika bisa membuktikannya dalam 7 (tujuh hari), maka uang Mitra akan “CARRO”kembalikan 100% (seratus persen) dengan klaim mudah dan transparan.

6.2               Garansi 90 (Sembilan puluh) hari untuk komponen mesin dan transmisi ketika Mitra beli mobil bekas di “CARRO”. Selain itu, garansi 90 (sembilan puluh) hari untuk mesin dan transmisi untuk membuktikan bahwa setiap mobil yang “CARRO” jual sudah melewati inspeksi ketat di 150 (seratus lima puluh) titik mobil, bagi yang ingin tukar tambah atau trade in, tersedia pula garansi 1 (satu) tahun penuh untuk Mitra.

6.3               Garansi diberikan melalui proses pengajuan dan persetujuan oleh “CARRO”.

6.4               Jaminan garansi “CARRO” tunduk kepada perjanjian garansi sebagaimana diatur oleh pasal 1316 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata serta Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 tahun 1999 dan bukan merupakan produk asuransi.

7                    PRIVASI

7.1               Dengan menggunakan situ web “CARRO” , Mitra setuju bahwa Mitra telah membaca dan memahami kebijakan “S&K” ini dan menyetujui untuk memberikan persetujuan untuk menggunakan, praktik, pemrosesan dan pengalihan data pribadi Mitra oleh “CARRO” sebagaimana dideskripsikan dalam “S&K” ini.

7.2               Mitra juga memahami bahwa Mitra menyetujui untuk membagikan seluruh informasi yang Mitra berikan kepada “CARRO” dan memberikan “CARRO” hak untuk menggunakan dan membagikan informasi dengan penyedia Layanan.

7.3              “CARRO” hanya akan menggunakan data pribadi Mitra untuk kepentingan penggunaan situs web dan/atau layanan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan untuk kepentingan melakukan promosi dengan tetap mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku.

7.4               Mitra dapat menghubungi “CARRO” apabila ditemukan dugaan penyalahgunaan data pribadi Mitra.

7.5               Mitra dapat menghubungi Kami untuk melakukan penghentian penggunaan data pribadi untuk penggunaan situs web www.carro.id atau aplikasi perangkat seluler atau aplikasi lainnya milik “CARRO”.

7.6              “CARRO” dapat mengubah atau memperbarui Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mencerminkan saran atau kritik Mitra atau perubahan dalam praktik “CARRO”. “CARRO” menyarankan Anda untuk secara berkala memeriksa halaman ini untuk informasi terbaru mengenai praktik-praktik privasi Kami.

8                    BATASAN TANGGUNG JAWAB DAN GANTI RUGI

8.1               Mitra disarankan untuk membaca dan memahami “S&K” penjualan dan untuk memeriksa kendaraan yang terdaftar dan selalu melakukan serta mengandalkan pencarian, pertanyaan, penyelidikan dan verifikasi terhadap keakuratan dan kebenaran dari setiap rincian dan informasi yang disediakan di dalam situs web sebelum Mitra memutuskan untuk membeli.

8.2               Mitra harus memperhatikan bahwa setiap kendaraan yang terdaftar sebagaimana tersedia untuk dijual di situs web tunduk pada “S&K”penjualan dan bahwa setiap kendaraan dapat sewaktu-waktu ditarik dari daftar di Situs Web berdasarkan kebijaksanaan mutlak dari “CARRO” tanpa perlu adanya pemberitahuan sebelumnya dan untuk alasan apa pun. Keputusan “CARRO” sehubungan dengan penjualan yang diusulkan bersifat final dan tidak dapat digugat.

8.3               Kami selalu berusaha memastikan bahwa Layanan “CARRO” tanpa gangguan, tersedia dan bebas dari kesalahan. Akan tetapi, melihat sifat dasar internet, Kami tidak dapat menjamin penuh hal ini. Selain itu, akses Mitra ke situs web “CARRO” terkadang dapat terganggu atau dibatasi untuk memungkinkan perbaikan, pemeliharaan, atau pengenalan layanan baru. Kami mencoba membatasi frekuensi dan durasi interupsi atau pembatasan sementara.

8.4               Mitra hanya dapat meminta pertanggungjawaban “CARRO” atas kerusakan yang disebabkan secara sengaja atau oleh kelalaian secara langsung dari“CARRO”. Setiap Klaim terhadap “CARRO” oleh Mitra akan dalam hal apa pun terbatas pada jumlah keseluruhan dari semua jumlah yang sebenarnya dibayarkan oleh dan/atau jatuh tempo dari Mitra saat menggunakan layanan selama kejadian yang menimbulkan klaim tersebut.

8.5               Dalam keadaan apa pun, “CARRO” atau Direktur, Komisaris, Karyawan, Pengacara, dan Agen Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Mitra atas kerugian, biaya, bunga, kerusakan, atau kerugian jenis apa pun (termasuk kerugian fisik maupun psikis, materil maupun immaterial, serta langsung maupun tidak langsung), tekanan emosional, dan hilangnya data, barang, pendapatan, laba, penggunaan atau keuntungan ekonomi lainnya) yang timbul dari, atau dengan cara apa pun yang terkait dengan Layanan, termasuk tetapi tidak terbatas pada penggunaan atau ketidakmampuan menggunakan Layanan.

8.6               Dengan menggunakan Layanan, Mitra setuju bahwa pihaknya akan mengganti kerugian dan membebaskan Direktur, Komisaris, Karyawan, Pengacara, dan Agen Kami dari dan terhadap setiap dan semua Klaim, biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab, dan pengeluaran biaya (baik materiil maupun immateriil) dari pihak ketiga yang timbul dari atau sehubungan dengan:

(a)   penggunaan layanan oleh Mitra; atau
(b)   pelanggaran Mitra atau pelanggaran “S&K” ini atau hukum atau peraturan yang berlaku; atau
(c)   pelanggaran Mitra terhadap hak apa pun dari pihak ketiga mana pun; atau
(d)   Mitra menggunakan atau menyalahgunakan layanan.

8.7               Jika layanan yang ditawarkan tidak dapat diakses, Mitra dapat menghubungi layanan pelanggan “CARRO” melalui customer center di +62855-7467-8444 melalui chat whatsApp Senin – Jumat 09.00-17.00 WIB

9                    HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

9.1               Mitra tidak diperbolehkan memposting, mendistribusikan, atau mereproduksi dengan cara apapun material yang mengandung Hak Cipta, Merek Dagang, atau informasi kepemilikan lainnya atau menghapus Hak Cipta, Merek Dagang atau pemberitahuan hak kepemilikan lainnya yang terkandung dalam Layanan (selanjutnya disebut "Hak Kekayaan Intelektual") tanpa memperoleh persetujuan tertulis sebelumnya dari“CARRO”.

9.2               Mitra tidak diizinkan menggunakan “Hak Kekayaan Intelektual” serta Logo atau Merek Dagang “CARRO” atau pemberi lisensi “CARRO”.

9.3               Tidak ada lisensi atau hak yang diberikan kepada Mitra dengan implikasi atau sebaliknya di bawah Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki atau dikendalikan oleh “CARRO” atau pemberi lisensi “CARRO”, kecuali untuk lisensi dan hak yang secara tegas diberikan kepada Mitra.

10                 HUKUM YANG BERLAKU dan TEMPAT YURISDIKSI 

10.1               Semua Perjanjian dan/atau Hubungan Hukum dan/atau Koneksi Bisnis dan/atau Persoalan Hukum yang timbul karena “S&K” ini Mitra sepakat akan mengacu pada Hukum yang berlaku di Indonesia.

10.2               Semua Perjanjian dan/atau Hubungan Hukum dan/atau Koneksi Bisnis dan/atau Persoalan Hukum baik yang akan timbul di masa datang, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan persoalan tersebut secara musyawarah dan mufakat, namun apabila langkah tersebut tidak mencapai kesepakatan maka Yuridiksi yang dipilih adalah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau Pengadilan yang lebih tinggi jika kompetensi materiil berada di Pengadilan Tinggi maupun Mahkamah Agung.

11                 TANGGAL BERLAKU  

11.1               Ketentuan-ketentuan dalam “S&K” ini merupakan versi terkini yang “CARRO”berlakukan secara efektif sejak tanggal, Since 8 Dec 2022