Review Mazda CX-5 GT 2018 : Ultimate Sophisticated SUV
Menilai dari kualitas dan fitur yang diberikan, Mazda CX-5 GT layak menyandang gelar SUV paling canggih dan mewah dengan harga terjangkau.
Saya rasa penilaian di atas tidak berlebihan mengingat betapa terkesimanya saya ketika menyicipi Mazda CX-5 GT tahun 2018 ini. Saya selalu suka dengan apa yang ditawarkan oleh Mazda dari dahulu. Fitur canggih yang melebihi competitor, mesin yang bertenaga, kemewahan yang selangkah lebih unggul, adalah impresi yang saya rasakan ketika menikmati Mazda.
Pun begitu dengan SUV andalan mereka yaitu CX-5. Generasi sebelumnya sudah cukup mengundang decak kagum, namun pada model ini penyempurnaannya lebih maksimal. Bisa diilihat dari eksteriornya yang masih menganut Bahasa desain Kodo. Namun jauh lebih agresif dan futuristis.
Terlihat dari lampu depannya yang sudah menganut model proyektor. Yang istimewa, lampunya sangat pipih dan terlihat seolah-olah tenggelam karena kap mesin dan grill depan yang lebih menonjol. Bila dilihat dari samping, desain mukanya terlihat tajam dan tegas. Tampilan gahar tersebut disempurnakan dengan grill berukuran besar, yang kisi-kisi grille-nya menggunakan efek tiga dimensi.
Kesempurnaan desain Kodo berlanjut hingga ke samping dan ke belakang. Di belakang, lampu dengan teknologi LED siap memberikan informasi optimal kepada pengguna jalan lain. Tarikan garis tegas di sekujur bodi samping mengguratkan bahwa in adalah SUV yang bertenaga gesit. Nyatanya, memang benar, SUV ini terbilang gesit dengan mesin 2.500 cc Naturally Aspirated.
MESIN 2.5 YANG TERBAIK DI KELASNYA
Meskipun rivalnya, Nissan X-Trail, juga menggunakan mesin berkapasitas 2.500 cc, namun performa mesin Mazda CX-5 GT terasa lebih mengasyikkan. Hal ini karena mesinnya sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 190 hp dan torsi maksimal di 251 Nm. Output daya seperti ini sudah lebih dari cukup untuk berakselerasi gesit di dalam kota. Dan masih bertenaga ketika melakukan perjalanan keluar kota.
Kombinasi teknologi SKYACTIV pada mesin dan transmisinya menghasilkan impresi berkendara yang luar biasa. Transmisi otomatis dengan enam percepatan terasa halus namun bisa diajak berkendara secara agresif sewaktu-waktu. Jika ingin mengemudikan dengan penuh sensasi, coba aktifkan perpindahan giginya menggunakan paddle shift. Tidak mungkin Anda tidak merasa ketagihan.
INTERIOR MEWAH BERKAT MATERIAL KUALITAS PREMIUM
Menilik sektor interiornya, Mazda jelas menawarkan hal yang sesuai dengan harganya ketika baru diluncurkan. Dengan harga berkisar Rp 500 jutaan, SUV ini memiliki interior berbalut kulit dengan kualitas tinggi.
Material ini bisa dijumpai di bagian setir, jok, pelapis konsol tengah, dan doortrim. Sementara di atas dashboard dan doortrim terdapat material soft touch yang membuat aura kelas atas semakin menguat.
Tidak hanya materialnya yang berkualitas tinggi, detail-detail interior pun terlihat mewah. Dengan permainan aksen silver serta piano black di bagian panel tengah, membuatnya terlihat sporty sesuai karakter eksteriornya. Di bagian tengah terdapat fitur electric parking brake yang bisa dioperasikan cukup dengan sentuhan tombol.
Tidak lupa juga terdapat fitur joy knob di bagian tengah center console yang berguna untuk mengoperasikan fitur MZD Connect. Tampilan dari MZD Connect ditampilkan di layar tengah yang berada di atas dashboard. Teknologi ini mampu menyajikan ragam fitur berkendara yang canggih.
Mulai dari sinkronisasi dengan smartphone, menampilkan peta navigasi dengan detail menawan, hingga memberikan informasi kondisi mobil terhadap pengendara. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui knob di bagian tengah.
Mazda CX-5 GT ini juga memiliki tingkat ergonomis yang baik. Mulai dari semua tombol yang dengan mudah terjangkau oleh pengemudi, ruang penyimpanan yang sangat besar, hingga penempatan slot USB di berbagai tempat.
Mulai dari dashboard depan hingga arm rest jok belakang semuanya tersedia slot USB. Sehingga tidak perlu khawatir tidak kebagian slot untuk mengisi ulang baterai gadget Anda.
Unsur kepraktisan juga ditanamkan oleh insinyur Mazda dengan menanamkan fitur electric boot door alias pintu bagasi elektrik. Fitur ini sangat praktis karena kita bisa membuka dan menutup pintu bagasi cukup dengan sentuhan satu tombol saja. Bisa dilakukan dari tombol di bagasi, di bagian bawah dashboard sisi pengemudi, hingga dari remote control. Sangat praktis!
IMPRESI BERKENDARA YANG TIDAK PERNAH MENGECEWAKAN
Rasanya saya selalu senang ketika membawa Mazda CX-5 GT tahun 2018 ini. Rasanya sangat sport sekali berkat kombinasi dari performa, interior, dan eksteriornya. Desain dashboard yang seolah-olah mengurung ruang pengemudi, menjadikannya serasa berada di dalam kokpit mobil balap.
Kemudian diameter lingkar setir yang kecil, namun memiliki ketebalan yang pas saat digenggam. Apalagi sepasang paddle shift di belakang setir siap mengajak Anda untuk berpacu.
Merasakan akselerasinya, sensasi yang dihasilkan dari mesinnya terasa begitu responsif. Cukup injak pedal gas dengan ringan, maka mobil langsung melaju. Sensasi setir yang saya rasakan juga sangat sporti, terasa agak berat khas mobil berkarakter sport. Meski begitu, kaum hawa tidak perlu khawatir karena setir ini masih cukup ringan untuk dioperasikan.
Berbicara mengenai karakter suspensinya, tentu saja agak terasa keras namun masih bisa memberikan kenyamanan berkendara. Karakter suspensi keras ini sebagai konsekuensi dari handling-nya yang bisa diandalkan ketika bermanuver.
Bantingan kerasnya hanya terjadi ketika menginjak lubang ataupun gundukan kecil. Namun ketika melaju di jalan raya, terasa nyaman meskipun jalanan sedikit bergelombang.
Yang paling saya banggakan dari SUV kompak ini adalah tingkat kekedapan kabin. Ini adalah detail kemewahan yang sering luput dari mobil-mobil sekarang. Ya, tingkat kekedapan dari Mazda CX-5 GT sangat baik karena sanggup meredam suara berisik dari luar mobil. Karakter seperti ini membuat CX-5 terasa seperti SUV premium yang berkualitas sangat baik.
SPESIFIKASI
Dimensi
Panjang (mm) : 4.550
Lebar (mm) : 1.840
Tinggi (mm) : 1.680
Sumbu Roda (mm) : 2.700
Kapasitas Penumpang : 5 Penumpang
Mesin
Kapasitas : 2.488 cc
Konfigurasi : 4 Silinder segaris, 16 katup, DOHC, VVT, SKYACTIV-G
Bahan bakar : Bensin
Transmisi / Penggerak : Otomatis 6-Percepatan
Fitur & Harga
Keselamatan : SRS Airbag, ABS, EBD, Smart City Brake System, Blind Spot Warning System, Mazda G-Vectoring Control
Berkendara : Cruise Control, Lane Departure Assist, Driver Attention Alert,
Hiburan : Head unit monitor 7 inci MZD Connect with CD, MP3, USB dan AUX, Bluetooth, Navigation, connect to iOS dan Android, Mazda Voice Recognition System
Tambahan : Engine Immobilizer, Keyless Entry, Sunroof, Normal & Sport Driving Mode
KELEBIHAN MEMBELI MOBIL BEKAS BERSERTIFIKASI DI CARRO AUTOMALL
Jika Anda membeli unit mobil bekas yang berada di Carro Automall, maka Anda akan mendapatkan berbagai kelebihan menarik. Seperti garansi mesin dan transmisi selama tiga puluh hari, gratis asuransi selama satu tahun dan garansi trade-in selama satu tahun.
Anda juga tidak perlu khawatir membeli mobil bekas di Carro karena semua unitnya merupakan mobil yang bebas dari bekas banjir, tabrakan atau curian. Carro juga memberikan garansi uang kembali jika ditemukan bukti bahwa unit mobil bekas di Carro ternyata bekas banjir, tabrakan atau curian. Garansi ini efektif sejak tanggal pembelian unit dan berlaku selama tujuh hari.
Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Carro adalah tersedianya 50 opsi pembayaran termasuk pembayaran melalui Tokopedia. Dan yang lebih seru lagi, baik untuk harga cicilan maupun cash, semuanya transparan. Sehingga Anda tidak perlu takut merasa kemahalan.
Carro juga memudahkan Anda dalam dokumen mobil, karena dijamin semua unit mobil bekas di Carro memiliki dokumen yang terverifikasi dan legal. Dan yang paling memudahkan adalah Anda bisa melakukan test drive dari rumah dengan unit mobil bekas incaran Anda. Menggiurkan bukan? Makanya beli mobil di Carro saja!
–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro
https://www.youtube.com/watch?v=xswHHhAYz5I