Berita

JANGAN SEMBARANGAN MENGHILANGKAN JAMUR KACA

Jamur atau baret di kaca depan pasti mengganggu kenyamanan pengemudi. Namun menghilangkan jamur kaca tidak bisa sembarangan lho!

Dalam berkendara tentu banyak komponen vital yang berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan. Salah satu komponen yang pasti berkaitan langsung dengan keduanya adalah kaca depan. Kejernihan dari kaca depan pastinya banyak berpengaruh terhadap daya pandang pengendara. Sehingga kaca depan harus dijaga sebaik mungkin kondisinya.

Namun seiring bertambahnya usia mobil, pasti ada saja masalah yang terjadi dengan kaca depan. Paling umum terjadi adalah timbul bercak jamur dan baret. Bercak jamur umumnya berasal dari air yang dibiarkan mengering di kaca depan. Baik dari hujan maupun cuci mobil yang kurang bersih. Kemudian dibiarkan berlarut-larut sehingga menjadi flek yang agak keras.

Efek dari bercak atau flek ini akan mengganggu daya pandang, utamanya ketika hujan berlangsung. Karena air yang mengenai kaca tidak bisa langsung bersih disapu wiper sehingga membuat buram. Kalau sudah begini, sebaiknya kaca mobil segera diperbaiki agar tidak mengganggu daya pandang.

GUNAKAN OBAT KHUSUS KACA

Menghilangkan jamur ataupun baret, cukup dipoles dengan obat khusus kaca. Tapi obatnya punya spesifikasi khusus, tidak bisa sembarangan. Obat khusus kaca mobil tidak bisa menggunakan obat untuk jamur kaca biasa. Obat tersebut terlalu keras, karena menggunakan bahan dasar alkohol murni.

Dikhawatirkan pemakaian obat jamur jenis ini bisa merusak kaca. Biasanya kaca menjadi terbakar di dalam akibat obat yang terlalu keras. Ciri khas kaca yang terkena obat keras adalah terlihat lekukan atau pandangan yang agak bergelombang.

Metode yang benar untuk menghilangkan jamur pada kaca adalah kaca harus dipoles dengan mesin, dan obatnya harus khusus untuk kaca mobil. Ini yang menjadi kunci untuk menghilangkan jamur kaca tanpa merusak kaca. Karena masih banyak bengkel poles yang sembarangan dalam melakukan penghilangan jamur.

Untuk biaya poles kaca menghilangkan jamur, tergantung dengan besarnya ukuran kaca dan kesulitan pengerjaan. Namun umumnya berkisar sekitar Rp 350-500 ribu. Jika ditambah dengan menghilangkan baret pada kaca, tentu saja harganya akan berbeda lagi. Jika kondisi kaca lumayan parah, otomatis pengerjaannya lebih lama. Bisa menghabiskan waktu seharian.

–> Sedang cari mobil yang Anda inginkan? Silakan cek website Carro

Related Articles

Back to top button